Teori dan Praktik Supervisi Pendidikan: Membangun Mutu Pembelajaran yang Berkelanjutan

Authors

  • Sartati UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Jamilus Jamilus  UIN Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v10i1.2299

Abstract

Studi ini mempunyai tujuan untuk mengkaji teori serta praktik supervisi pendidikan dengan fokus pada transformasi peran pengawas dalam memberi peningkatan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Dengan mempergunakan metode studi pustaka, studi ini menganalisa berbagai literatur serta dokumen kebijakan yang relevan untuk memahami dinamika peran pengawas pendidikan sebelum serta sesudah adanya reformasi supervisi. Hasil kajian memperlihatkan jika sebelum adanya transformasi, pengawas berperan sebagai pengendali administratif dengan pendekatan top-down yang kurang berdampak pada pengembangan profesional guru. Namun, seiring berkembangnya paradigma pendidikan berbasis mutu, peran pengawas berubah menjadi fasilitator, mentor, pemimpin instruksional, serta agen perubahan yang mendampingi guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Transformasi ini membawa implikasi positif, seperti meningkatnya kompetensi guru, efektivitas pembelajaran, serta terbentuknya komunitas belajar. Meski demikian, implementasi peran baru pengawas menghadapi tantangan seperti keterbatasan jumlah serta kompetensi pengawas, minimnya anggaran, serta kurangnya budaya kolaboratif di sekolah. Oleh karenanya, perlu dukungan sistemik dalam bentuk pelatihan, kebijakan pendukung, serta integrasi teknologi untuk mengoptimalkan fungsi supervisi pendidikan yang berkelanjutan.

Kata kunci: supervisi pendidikan, pengawas sekolah, mutu pembelajaran, pendidikan dasar, transformasi peran.

 

References

Aisyah, Putri Nur, and Nury Ana Harahap. “Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19” 2, no. 3 (2024).

Ardyan, Elia. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif: Pendekatan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif Di Berbagai Bidang. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Bhinneka, Universitas, Pgri Tulungagung, U I N Sayyid, and Ali Rahmatullah. “DESAIN SUPERVISI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS PSIKOLOGI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN” 5, no. 1 (2025): 219–28.

Caroline. Metode Kuantitatif. Jakarta: Media Sahabat Cendekia, 2019.

Harristhana, Achmad, Mauldfi Sastraatmadja, and Ahmad Nawawi. Supervisi Pendidikan Islam: Konsep Dan Implementasi Nilai-Nilai Islami. Bandung: Widina Media Utama, 2024.

Islam, Universitas, Negeri Raden, Intan Lampung, and Kota Bandar Lampung. “KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM” 2, no. 6 (2024).

Nugraha, Enung, and Agus Gunawan. “Supervisi Model Pengembangan Dalam Pandangan Carl D. Glickman,” 2023, 117–33.

Observasi, Teknik, and D A N Umpan Balik. “Teknik Observasi, Evaluasi, Dan Umpan Balik Dalam Supervisi Pendidikan 1,2,3” 6, no. 2 (2025): 118–25.

PAHLEVIANNUR. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Pradina Pustaka, 2022.

Pendidikan, Supervisi, and D I Sekolah. “TANTANGAN DAN SOLUSINYA,” no. 5 (2024): 6006–17.

RATNANINGTYAS, Endah Marendah. Metodologi Penelitian Kualitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, n.d.

Retoliah, Dra Hj, and M I Pd. Supervisi Pendidikan, n.d.

Rukin. Metodologi Penelitian Kualitatif. Makassar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2019.

Supervisi, Sasaran. “Jurnal Komprehenshif” 3, no. 2 (2025): 387–90.

Widyanto, Nonok. “SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU SD DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA” 8, no. December (2023): 137–48.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Sartati, and Jamilus Jamilus. “Teori Dan Praktik Supervisi Pendidikan: Membangun Mutu Pembelajaran Yang Berkelanjutan”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 10, no. 1 (June 1, 2025): 210–226. Accessed June 7, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/2299.