Mewariskan Pendidikan Karakter Melalui Filosofi Huma Betang di Kota Palangka Raya

Authors

  • Siti Badriah UIN Palangka Raya
  • Nova Nur A'ini UIN Palangka Raya
  • Marhamah Marhamah UIN Palangka Raya
  • Muhammad Wahid Majidi UIN Palangka Raya
  • Muhammad Redha Anshari UIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v10i1.2304

Keywords:

Mewariskan, Pendidikan Karakter, Huma Betang

Abstract

Huma Betang, sebagai simbol kearifan lokal masyarakat Dayak Kalimantan Tengah, mengandung nilai-nilai luhur seperti kebersamaan, gotong royong, toleransi, musyawarah, saling menghormati, dan tanggung jawab sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai filosofi Huma Betang dapat diwariskan sebagai dasar pendidikan karakter kepada mahasiswa di Kota Palangka Raya. Penelitian menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara, dokumentasi terhadap mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Palangka Raya yang memiliki latar belakang budaya lokal Dayak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Nilai-nilai Huma Betang ditanamkan melalui pendidikan formal, kegiatan budaya, media modern, serta keteladanan dari keluarga dan masyarakat. Pewarisan ini penting untuk memperkuat identitas budaya serta membentuk generasi muda yang berkarakter di tengah tantangan globalisasi. Penelitian ini menekankan pentingnya pemanfaatan kearifan lokal dalam sistem pendidikan sebagai langkah strategis untuk mewujudkan pendidikan karakter yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat setempat.

References

Apriyanti, Yoki, Evi Lorita, and Yusuarsono Yusuarsono. “Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah.” Jurnal Professional FIS UNIVED 6, no. 1 (2019). https://doi.org/10.37676/professional.v6i1.839.

Ayub, Syahrial, and Husnul Fuadi. “Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z Di Era Digital.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9, no. 4 (2024): 1–6.

Fatchurahman, M., Fahmi, and Asep Solikin. HUMA BETANG Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kalimantan Tengah. Akademia Pustaka, 2021.

Herdiana, Yayan, Muhammad Ali, Aan Hasanah, and Bambang Syamsul Arifin. “Urgensi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Budaya.” Jurnal Ilmu Islam (Rayah Al-Islam) 5, no. 2 (2021): 27–34. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i1.795.

Husni, Muhammad. “Kearifan Lokal Handep Masyarakat Dayak: Perspektif Cendekiawan Muslim Dayak Di IAIN Palangka Raya.” Rihlah:Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan 8, no. 2 (2020): 113–33.

Husnullail, M., Risnita, M. Syahran Jailani, and Asbui. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Riset Lmiah.” Journal Genta Mulia 15, no. 2 (2024): 1–23.

Kecana, Aulia Kiftiah, and Abdul Gofur. “The Philosophy of Huma Betang As a Medium for Reactualizing the Value of Religious Moderation in Central Kalimantan.” Annual International Conference on Islamic Education for Students 2, no. 1 (2023): 123–27. https://doi.org/10.18326/aicoies.v2i1.545.

Loi, Anjelinus. “Konsep ‘Huma Betang’ Sebagai Model Penghayatan Iman Dalam Pandangan Aloysius Pieris.” Sosial Humaniora 3, no. 2 (2023): 73–84. https://doi.org/10.2659 3/jsh.v3i02.6662.

Lukman, Anggia Amanda. “Kalimantan, Pewaris Nilai Sebagai Pembentuk Kepribadian Berkarakter Melaluli Falsafah Huma Betang Suku Dayak Kalimantan.” Jurnal Sosietas 8, no. 1 (2018): 452–56.

Maisaroh, Ima, Ma’zumi, and Ratu Amalia Hayani. “Urgensi Kearifan Lokal Dalam Penguatan Pendidikan Karakter.” Pendidikan Karakter 8, no. 1 (2022): 85–102.

Nofandi, Adang, Ngainun Naim, and Rinto Hasiholan Hutapea. “The Harmony Pattern through Huma Betang Culture of the Dayak Communities in Central Kalimantan.” Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya 6, no. 1 (2022): 39–48. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v6i1.13476.

Pattiasina, Sharon Michelle O. “Religiositas Masyarakat Dayak Lintas Agama Berbasis Falsafah Huma Betang Di Kalimantan Tengah.” SOPHIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan 5, no. 2 (2024): 112–26. https://doi.org/10.34307/sophia.v5i2.296.

Rahmawati, Nyoman. “Implementasi Nilai Keharifan Lokal (Huma Betang) Dalam Interaksi Sosial Masyarakat Dayak Di Kota Palangka Raya.” Tampung Penyang 17, no. 01 (2019): 18–30. https://doi.org/10.33363/tampung-penyang.v17i01.426.

Rico, Rico, Muzahid Akbar Hayat, Khuzaini Khuzaini, Sanusi Sanusi, and Didi Susanto. “Huma Betang’s Philosophical Values in the Character of Dayak Cultural Communication.” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 8, no. 3 (2022): 640. https://doi.org/10.29210/020221510.

Ritonga, Tamin. “Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Generasi Muda.” Jurnal Pendidikan Masyarakat Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 1, no. 1 (2022): 1–6.

Rostiana, Heva, and Siti Nurbani Dody Riswanto. “Nilai-Nilai Filosofis Huma Betang Suku Dayak Kalimantan Tengah.” Jurnal Budaya Nusantara, 2020. https://doi.org/10.36456/b.nusantara.vol3.no2.a2543.

Ryani, Andini Rizki, and Suanto. “Implemntasi Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Dalam Penguatan Karakter Religius.” Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa 5, no. 1 (2025): 79–86.

Saputri, Irna, Salsabila Inda Rafifah, and Chanifudin Chanifudin. “Pentingnya Kolaborasi Orang Tua, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Mendukung Pendidikan Karakter Anak.” HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation 1, no. 2 (2024): 782–90. https://doi.org/10.57235/hemat.v1i2.2828.

Seran, Eliana Yunitha, and Mardawani Mardawani. “KEARIFAN LOKAL RUMAH BETANG SUKU DAYAK DESA DALAM PERSPEKTIF NILAI FILOSOFI HIDUP (Studi Etnografi: Suku Dayak Desa, Desa Ensaid Panjang Kecamatan Kelam Permai).” JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 5, no. 1 (2020): 28–41. https://doi.org/10.31932/jpk.v5i1.703.

Sihotang, Sesilia Stefania, and Eli Karliani. “Implementasi Nilai-Nilai Huma Betang Dalam Menciptakan Sekolah Ekoliterasi.” Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) 11, no. 2 (2024): 1. https://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.19794.

Siregar, Ashari, Dhita Dwi Yanti, Dinda Valicia Sipayung, Muhammad Ibnu Adani, Novita Paskah Rianti, and Ika Purnamasari. “Pengaruh Globalisasi Terhadap Eksistensi Identitas Budaya Lokal.” Jiic: Jurnal Intelek Insan Cendikia 1, no. 8 (2024): 333–41. https://doi.org/10.57235/jalakotek.v1i2.2385.

Subhaktiyasa, Putu Gede. “Menentukan Populasi Dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9, no. 4 (2024): 2721–31.

Sulastri, Unsu. “Implementasi Filosofi Huma Betang Dalam Prosesi Sangkai Kambang Pada Perkawinan Adat Dayak Ngaju Di Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan.” Skripsi. Universitas Palangka Raya, 2024.

Supriadi, Supriadi, and Halpi Halpi. “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Huma Betang Dalam Kegiatan Pembelajaran Ismuba Kelas X Ips Di Sma Muhammadiyah Kasongan.” Jurnal Hadratul Madaniah 8, no. 2 (2021): 57–66. https://doi.org/10.33084/jhm.v8i2.3082.

Suryani, Lilis. “Nilai-Nilai Islami Filosofi Huma Betang Suku Dayak Di Desa Buntoi Kalimantan Tengah,” 2019.

Suwarno. “Budaya Huma Betang Masyarakat Dayak Kalimantan Tengah Dalam Globalisasi Telaah Konstruksi Sosial.” Lingua 14, no. 1 (2017): 89–102.

Suwartini, Sri. “Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 4, no. 1 (2017): 220–34.

Syahrin, Alif Alfi, and Bunga Mustika. “Etnopedagogi Berlandaskan Nilai-Nilai Rumah Betang Dalam Pembelajaran Sosiologi.” ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial 2, no. 2 (2020): 199–216. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3923.

Wulandari, Innayah, Eko Handoyo, Arief Yulianto, Sri Sumartiningsih, and Philip X Fuchs. “Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter Siswa Di Era Globalisasi.” Pendekar:Jurnal Pendidikan Karakter 7, no. 4 (2024): 370–76.

Wulandari, Yustina Wahyu, Paulina Maria Ekasari Wahyuningrum, and Titi Christiana. “Pendekatan Humanis Dalam Falsafah Huma Betang Untuk Meminimalisir Gesekan Konflik Etnis.” Sepakat : Jurnal Pastoral Kateketik 8, no. 2 (2022): 115–23. https://doi.org/10.58374/sepakat.v8i2.104.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Badriah, Siti, Nova Nur A’ini, Marhamah Marhamah, Muhammad Wahid Majidi, and Muhammad Redha Anshari. “Mewariskan Pendidikan Karakter Melalui Filosofi Huma Betang Di Kota Palangka Raya”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 10, no. 1 (June 1, 2025): 227–239. Accessed June 7, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/2304.