Upaya Meningkatkan Kemampuan Shalat Siswa MTs Mualimat Melalui Modifikasi Metode Demonstrasi Dan Reading Aloud
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v4i2.233Keywords:
Shalat, Demonstrasi, Reading AloudAbstract
Pembelajaran shalat fardhu dengan menggunakan modifikasi metode demonstrasi dan reading aloud ini merupakan inovasi baru yang dilakukan di sekolah ini. Karena biasanya hanya disampaikan dengan metode ceramah.
Akhirnya hasil belajar siswa kurang optimal.Kemudian diterapkannya kedua modifikasi metode ini, membuat pembelajaran semakin menarik. Kedua metode ini membuat siswa dalam pembelajaran ikut aktif dan tidak sekedar mengikuti pembelajaran. Sehingga tidak memberi kesempatan siswa untuk tidak fokus terhadap proses pembelajaran. Dengan melihat demonstrasi shalat, siswa dengan melihat secara langsung urutan dan cara yang benar dalam melakukan shalat.Baik dalam melakukan gerakannya ataupun dalam membacakan bacaan-bacaan yang ada dalam shalat. Karena shalat bukan sekedar gerakan saja, maka bacaannya harus dibacakan dengan benar.
References
Depag RI, AI-Qur.an dan Terjemahnya, (Jakarta: CV Penerbit J-Art, 2005).
Depdiknas, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Istam SMP & MTs, (Jakarta : Pusat Kurikullum, Balitbang Depdiknas, 2003).
Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, (Jakarta: Bumi Aksara, 2004).
Koentjaraningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat, (Jakarta: PT. Gramedia, 1991).
M. Basyiruddin Usman, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002)
Muhammad Ali, Strategi Penelitian Pendidikan Statistik, (Bandung, Bumi Aksara, 1993),
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung : Remaja Rosda Karya, 2005)
Teungku Muhammad Hasbi Ash Shidieqy, Pedoman Shalat, (Semarang : PT. Pustaka Rizki Putra, 2005),
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, (Bandung: Fokus Media, 2006).