Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Media Gambar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v4i2.235Keywords:
Model Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Media Gambar, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Media Gambar Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus 1 Kecamatan Suralaga. Rancangan penelitian menggunakan Post-Test Only Control Group Design Populasi dalam penelitian siwa kelas IV Gugus Satu Kecamatan Suralaga. Untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa, digunakan tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda, dan motivasi belajar menggunakan kuesioner. Teknik analisis data mengunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukan : (1) Terdapat perbedaan motivasi belajar antara kelompok siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Media Gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F= 0,893, p <0,05). (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Media Gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F= 0,749, p <0,05). (3) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar dan motivasi belajar antara kelompok siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Media Gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F= 0,325, p <0,05).
References
Mulyasa,E.2010. Menjadi Guru Propesional. Bandung: PT Remaja rosdakarya.
Muslich,Masnur .2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto.2008. Mendesain Pembelajaran Kotexstual. Jakarta: Cerdar Pustaka Publisher
Uno,Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardana, I Ketut. 2012. “Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Gugus V Dr. Soetomo”. Tesis.Singaraja: Undiksha.