Rekonstruksi sistem dan pemikiran pendidik dan tenaga kependidikan dalam pendidikan Islam

Rekonstruksi sistem dan pemikiran pendidik dan tenaga kependidikan dalam pendidikan Islam

Authors

  • Subiantoro Subiantoro sekolah tinggi ilmu tarbiyah darul ishlah

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v6i1.381

Keywords:

Rekontruksi,Pemikiran, pendidik

Abstract

Pendidikan memang merupakan kunci kemajuan, semakin baik kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh suatu masyarakat atau bangsa, maka akan diikuti dengan semakin baiknya kualitas masyarakat atau bangsa tersebut. All of the problem that confront the muslim word today, so the educational problem is the most challengging. That future of the muslim world will depend upon the way it respons to this challenge,” yakni dari sekian banyak permasalahan yang merupakan tantangan terhadap dunia Islam dewasa ini, maka masalah pendidikan merupakan masalah yang paling menantang. Masa depan dunia Islam tergantung kepada cara bagaimana dunia Islam menjawab dan memecahkan tantangan ini.

Keberhasilan suatu bangsa tidak hanya dilihat dari segi pembangunan nasionalnya tetapi juga dari segi pendidikanya, dalam pemerintahan yang sangat memperhatian terhadap pendidikan dan peningkatan mutu guru merupakan salah satu langkah untuk menncapai keberhasilan pendidikan ( Muhaimin: 2013). pikir yang berarti proses, cara, atau perbuatan memikirkan yaitu menggunakan akal budi untuk memutuskan suatu persoalan dengan mempertimbangkan segala sesuatu secara bijak. Dalam konteks ini, pemikiran dapat diartikan sebagai upaya cerdas dari proses kerja akal dan kalbu untuk melihat fenomena dan berusaha mencari penyelesaianya secara bijaksana. Pendidik harus memenuhi kreteria yang telah dijelaskan di UUGD memiliki bakat sebagai guru, memiliki keahlian sebagai guru, memiliki keahlian yang baik dan terintegrasi, memiliki mental yang sehat, berbadan sehat, memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas, guru adalah manusia berjiwa pancasila, dan seorang warga negara yang baik,  prefisional dan berkompeten.

 

Kata Kunci : Rekontruksi,Pemikiran, pendidik

 

Author Biography

Subiantoro Subiantoro, sekolah tinggi ilmu tarbiyah darul ishlah

References

Abuddin Nata, Perspektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru Murid Study Pemikiran Tasawuf Al-Ghazali, (PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2001),

Abdul Munir Mulkhan, Paradigma Intelektual Muslim, (Yogyakarta: Press.1993),

A. Susanto, Pemikiran Pendidikan Islam, (Jakarta: AMZAH,2009),

Bassam Tibbi, Krisis Peradaban Islam Modern, alih bahasa Yudian W. Asmin (Cet. I; Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994)

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, (PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta,2008)

Fazlur Rahman, Islam dan Modernitas,

H.A.R. Gibb, Islam dalam Lintasan Sejarah, alih bahasa Abu Salamah (Cet. III; Jakarta: Bhratara Kary Aksara, 1983)

Harun Nasution, Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan (Cet. VIII; Jakarta: Bulan Bintang, 1991),

John L. Esposito, Ancaman Islam: Mitos atau Realitas?, alih bahasa Alwiyah Abdurrahman (Cet. II; Bandung: Mizan, 1995),

Harun Nasution, Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran (Cet. III; Bandung: Mizan,1995)

Muhammad Iqbal, Membangun Kembali Pikiran,

Nourouzzaman Shiddiqi, Jeram-Jeram Peradaban Muslim (Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996)

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar. (Jakarta. Bumi Aksara 2001),

Pasal 1 (1) UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Kalam Mulia, Jakarta, 1994),

Seyyed Hossein Nasr, Intelektual Islam:Teologi, Filsafat dan Gnosis, alih bahasa Suharsono (Cet. II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996)

Undang-Undang No.20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) dan Penjelasanya, (Yogyakarta: Media Wacana, 2005),

Syamsul Kurniawan dan Erwin Mahrus, Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam,(AR-RUZZ MEDIA, Yogyakarta,2011),

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemin Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka,1994),

Zakiah daradjat, Imu Jiwa Agama,( Bulan Bintang, Jakarta, 1991).

Downloads

Published

2021-01-25

How to Cite

Subiantoro, Subiantoro. “Rekonstruksi Sistem Dan Pemikiran Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Pendidikan Islam: Rekonstruksi Sistem Dan Pemikiran Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Pendidikan Islam”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 6, no. 1 (January 25, 2021): 58-67. Accessed May 6, 2021. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/381.