Konsep Pendekatan Dan Metode Pendidikan Islam
(Studi Pemikiran Filsafat Pendidikan Islam Bediuzzaman Said Nursi)
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v6i1.400Keywords:
Pendekatan, Metode, Pendidikan Islam, Bediuzzaman Said Nursi.Abstract
Bediuzzaman Said Nursi (Said Nursi) merupakan seorang yang memiliki ide-ide yang fundamental dan komprehensif, seperti di bidang pendidikan ekonomi, politik, sosial, dan keagamaan; lebih-lebih pada sebagian besar Risale-i Nur banyak memuat gagasan yang radikal dan relevan dengan pendidikan Islam sekarang. Terutama dalam bidang pendidikan Said Nursi banyak menelurkan konsep khususnya yang berkaitan dengan pendekatan dan metode pendidikan Islam. Pendekatan yang lahir dari pemikiran Said Nursi adalah psikologis, sosial kultural, religik, historis, komparatif,dan filosofis. Sedangkan metodenya adalah muhadharah (Ceramah), Munazarat (Debat, Tabyin (Penjelasan), Qishah (Cerita), Mukatabah (Membuat Surat Menyurat/Tulisan), Tausiyah (Memberi Nasihat), Maudu’i (Membuat Tema-Tema), Tamtsil (Membuat Perumpamaan), Self Education (Pendidikan Diri Sendiri), I’tibar (Mengambil Pelajaran dari Suatu Kejadian atau Kisah), dan Uswah (Memberi Keteladanan).
References
Al-Anshari, Farid 2004. Mafatih an-Nur Istanbul: Nestil Matbaacilik
Gozutok, Sakir 2002. The Risale-i Nur in The Context of Educational Principles and Methods (The Paper Presented In The Fifth International Symposium On Bediuzzaman Said Nursi), Istanbul: Sozler Publication
Nursi, Bediuzzaman Said. 1999e. Bediuzzaman Said Nursi (Tariche-i Hayati), Istanbul: Sozler Yayinevi
-------, 2000e. Bediuzzaman Said Nursi Penerjemah: Sukran Vahide, Istanbul: Sozler Nesriyat AS
-------, 2000f. Thirty-Three Windows: Making Known The Creator, Penerjemah: Sukran Vahide, Istanbul: Sozler Publication
-------, 2000g. Persoalan Tauhid dan Tasbih. Penerjemah Maheram Binti Ahmad Istanbul: Sozler Publication
-------, 2002a. Man and Universe. Penerjemah: Sukran Vahide, Istanbul: Sozler Nesriyat AS
-------, 2003a. Risalah An-Nur; Said Nursi; Pemikir dan Sufi Besar Abad 20 (Menikmati Takdir Langit: Lama’at) Jakarta: Murai Kencana
-------, 2003b Risalah An-Nur; Said Nursi; Pemikir dan Sufi Besar Abad 20 (Menjawab yang Tak Terjawab, Menjelaskan yangTak Terjelaskan, Jakarta: Murai Kencana
-------, 2003c. Risalah An-Nur; Said Nursi; Pemikir dan Sufi Besar Abad 20 (Sinar Yang Menangkap Sang Cahaya; Epitomes OF Light), Jakarta: Murai Kencana
-------, 2003d. Alegori Kebenaran Ilahi, Penerjemah: Sugeng Hariyanto, Jakarta Timur; Pranada Media.
-------, 2003e. Dimensi Abadi Kehidupan, Penerjemah: Sugeng Hariyanto, Jakarta Timur; Pranada Media.
-------, 2003g . Episode Mistis Kehidupan Rasulullah. Penerjemah: Sugeng Hariyanto, Jakarta Timur; Pranada Media.
Rahman, Fazlur 1984. Islam, bandung: Pustaka
Salih, Ihsan Kasim 2003. Said Nursi Pemikir dan Sufi Besar Abad 20 (Membebaskan Agama dari Dogmatisme dan Sekularisme), Jakarta: Murai Kencana.
-------, 2004. Rasail an-Nur wa al-Adab al-Imani, Istanbul: Nesil Matbaacilik
Sirozi, Muhammad 2001. Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Memahami Pemikiran Keilmuan dan Pendidikan Al-Faruqi, Palembang: Concience PPs IAIN Raden Fatah
Tatli, Adem 1992. Bediuzzaman Education Method (The Paper Presented in The Second International Symposium on Bediuzzaman Said Nursi: The Recontruction of Islamic Thought In The Twentieth Century and Bediuzzaman Said Nursi, 27-29 September 2000), Istanbul: Sozler Publication
Vahide Sukran 1992. Bediuzzaman Said Nursi, Istanbul: Sozler Publication
--------, 1998. A Contemporary Approach to Understanding The Qur’an The Example of The Risale-i Nur, International Symposium Bediuzzaman Said Nursi, Istanbul Sozler Publication
Yildiz, Ilhan 2002. The Search in The Traditional Period (1924-1950) for a Religion Education Model (The Paper Presented at the fifth international sysmposium on Bediuzzaman Said Nursi 24-26 September 2000), Istanbul: Sozler Publication
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Masdani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.