Implementasi Agama Islam Dalam Membangun Nilai-Nilai Religius Peserta Didik Pada Sekolah Dasar Tahfizulqur’an (SDTQ) Darulwafa Pejarakan Karya Ampenan
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v6i2.474Keywords:
Implementasi, Agama Islam, Nilai ReligiusAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di lingkungan sekolah Dasar Tahfizulqur’an(SDTQ) Darul Waf. Dalam tulisan ini peneliti menggunakan Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologik, yaitu penelitian dengan mengamati fenomena yang terjadi di lapangan secara alamiah. Teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, dialog, cerita dan dokumentasi. Selain itu, data disajikan dengan menggunakan pendekatan deskriptif, dalam bentuk kata-kata, tulisan, untuk memperjelas data yang dikumpulkan dan dianalisis. Nilai religius adalah nilai yang bersumber dari agama yang mempunyai keterkaitan yang sangat erat dengan ketenangan jiwa seseorang. Guru pendidikan Islam dan pembina rohani Islam (Rohis) berperan penting dalam pembentukan peserta didik menjadi peserta didik yang agamais dan religius. Sebuah lembaga pendidikan hendaknya menanamkan nilai-nilai religius kepada peserta didik sebagai pondasi dalam mengenal banyaknya disiplin ilmu lainnya. Dengan begitu para guru berupaya menciptakan budaya religius guna membentuk kepribadian peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia. Simpulan menggambarkan usaha yang telah dilakukan para dewan guru dalam membangun nilai-nilai religius di Lingkungan Sekolah Dasar Tahfizulqur’an (SDTQ) Daru Wafa, dilakukan dengan baik dan efektif dengan diterapkannya dalam kegiatan keseharian seperti pembiasaan membaca Al-Qur’an dan hadist, menerapkan akhlak al-karimah, baik dalam berucap, bersikap, dan sangat menghormati kdua orang tua, guru maupun sesama teman disitulah tempat penempaaan peserta didik melalui tauladan yang diperlihatkan para dewan guru kepada para peserta didik.
References
Agus Maimun dan Agus Zainul Fitri, Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif, Malang : UIN MALIKI PRESS, 2010.
Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014
Dalam Pengembangan Ilmu Dan Pembentukan Karakter Bangsa , Jogjakarta : Arruz Media, 2012
Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’anil Karim
Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’anil Karim Robbani, Jakarta: Surya Prisma Sinergi, 2013
Hardani dkk., Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Cet. Ke-1, Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group,2020.
Hasbi Indra, “Pendidikan Madrasah Dalam Membangun Akhlak Generasi Bangsa.” Journal for Islamic Studies al-Afkar, 3 no. 1 2020.
Muhaimin, Nuansa baru Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam.Upaya mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
Mustofa, Akhlak Tasawuf, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
Ngainun Naim, Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan
Nusa Putra & Santi Lisnawati, Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Cet. Ke-1, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, cet. 4 Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Qodri Azizy, Pendidikan Untuk Membangun Etika Sosial (Mendidik Anak Sukses Masa depan: Pandai dan Bermanfaat), Semarang: Aneka Ilmu, 2013.
Suyitno, Metode Penelitian Kualitatif: Konsep, Prinsip dan Operasionalnya, Cet. Ke-1, Tulungagung: Akademia Pustaka, 2018
Zulkarnain, Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Bengkulu: Pustaka Pelajar, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 sahwan sahwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.