Implementasi Agama Islam Dalam Membangun Nilai-Nilai Religius Peserta Didik Pada Sekolah Dasar Tahfizulqur’an (SDTQ) Darulwafa Pejarakan Karya Ampenan

Authors

  • Sahwan Sahwan Universitas Islam Al-Azhar Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v6i2.474

Keywords:

Implementasi, Agama Islam, Nilai Religius

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di lingkungan sekolah Dasar Tahfizulqur’an(SDTQ) Darul Waf. Dalam tulisan ini peneliti menggunakan Jenis   penelitian  deskriptif kualitatif   dengan  menggunakan pendekatan fenomenologik, yaitu penelitian dengan mengamati fenomena yang terjadi di lapangan secara alamiah.  Teknik   pengumpulan   datanya   meliputi observasi, wawancara, dialog, cerita dan dokumentasi.  Selain itu, data disajikan dengan   menggunakan   pendekatan   deskriptif,   dalam   bentuk   kata-kata,   tulisan,   untuk memperjelas data yang dikumpulkan dan dianalisis. Nilai religius adalah nilai yang bersumber dari agama yang  mempunyai keterkaitan yang sangat erat dengan ketenangan jiwa seseorang. Guru pendidikan Islam dan pembina rohani Islam (Rohis) berperan penting  dalam pembentukan peserta didik menjadi peserta didik yang agamais dan religius. Sebuah lembaga pendidikan hendaknya menanamkan nilai-nilai religius kepada peserta didik sebagai pondasi dalam mengenal banyaknya disiplin ilmu lainnya. Dengan begitu para guru berupaya menciptakan budaya religius guna membentuk kepribadian peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia. Simpulan menggambarkan usaha yang telah dilakukan para dewan guru  dalam  membangun  nilai-nilai  religius  di  Lingkungan  Sekolah Dasar Tahfizulqur’an (SDTQ) Daru Wafa, dilakukan dengan baik dan efektif dengan diterapkannya dalam kegiatan keseharian seperti pembiasaan membaca Al-Qur’an dan hadist,  menerapkan akhlak al-karimah, baik dalam berucap, bersikap, dan sangat menghormati kdua orang tua, guru maupun sesama teman disitulah tempat penempaaan peserta didik melalui tauladan yang diperlihatkan para dewan guru kepada para peserta didik.

References

Agus Maimun dan Agus Zainul Fitri, Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif, Malang : UIN MALIKI PRESS, 2010.

Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014

Dalam Pengembangan Ilmu Dan Pembentukan Karakter Bangsa , Jogjakarta : Arruz Media, 2012

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’anil Karim

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’anil Karim Robbani, Jakarta: Surya Prisma Sinergi, 2013

Hardani dkk., Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Cet. Ke-1, Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group,2020.

Hasbi Indra, “Pendidikan Madrasah Dalam Membangun Akhlak Generasi Bangsa.” Journal for Islamic Studies al-Afkar, 3 no. 1 2020.

Muhaimin, Nuansa baru Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam.Upaya mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012

Mustofa, Akhlak Tasawuf, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Ngainun Naim, Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan

Nusa Putra & Santi Lisnawati, Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Cet. Ke-1, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, cet. 4 Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Qodri Azizy, Pendidikan Untuk Membangun Etika Sosial (Mendidik Anak Sukses Masa depan: Pandai dan Bermanfaat), Semarang: Aneka Ilmu, 2013.

Suyitno, Metode Penelitian Kualitatif: Konsep, Prinsip dan Operasionalnya, Cet. Ke-1, Tulungagung: Akademia Pustaka, 2018

Zulkarnain, Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Bengkulu: Pustaka Pelajar, 2008.

Downloads

Published

2021-07-07

How to Cite

Sahwan, Sahwan. “Implementasi Agama Islam Dalam Membangun Nilai-Nilai Religius Peserta Didik Pada Sekolah Dasar Tahfizulqur’an (SDTQ) Darulwafa Pejarakan Karya Ampenan”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 6, no. 2 (July 7, 2021): 7–16. Accessed May 30, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/474.