Hadits Tentang Metode Pendidikan dan Karakteristiknya

Authors

  • Suhandi Suhandi UIN SUNAN KALIJAGA

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v7i1.512

Keywords:

Methods, Educational Hadith, and Characteristics

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal terpenting bagi manusia, terlebih lagi banyak terdapat yang dibicarakan di dalam al-Qur’an dan hadits. Bahkan di dalam ajaran agama Islam diyakini pendidikanlah yang akan membawa manusia menuju lebih baik, dengan belajar manusia akan bisa menata hidupnya serta menjadi keberhasilan hidup di akhirat. Dalam belajar mengajar perlunya menggunakan metode-metode, agar proses pembelajaran terarahkan dan cepet dipahami oleh peserta didik, karena tanpa ada metode yang digunakan oleh pendidik akan sulit dipahami ilmu yang disampaikannya. Demikian Rasulullah SAW. selalu menggunakan metode-metode dalam menyampaikan ilmu kepada para sahabat (ummat) dan terdapat banyak diterangkan dalam hadits. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu, kepustakaan, teknik pengumpulan data dengan melakukan penelahaan terhadap buku, literatur, catatan, serta berbagai laporan yang berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan.

References

Asari,Hasan.(2020)(Ed). Hadits-Hadits Pendidikan: Sebuah Penelusuran Akar-Akar Ilmu Pendidikan Islam,Medan: Perdana Publishing.

Alfiah, (2015). Hadis Tarbawi: Pendidikan Islam Dalam Tinjauan Hadits Nabi, Pekanbaru: Kreasi Edukasi.

Sari,Milya. & Asmendri. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA,

Mufaizin, (2018). Metode Pendidikan Islam Perspektif Hadits, Jurnal: Edupedia Vol. 3 No. 1.

Hasbiyallah & Moh. Sulhan, Hadits Tarbawi dan Hadits-Hadits Di Sekolah Dan Madrasah.

Rubini, (2018). Metode Pembelajaran Berbasis Hadits, Jurnal Humanika, Th. XVIII, No. 1.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Suhandi, Suhandi. “Hadits Tentang Metode Pendidikan Dan Karakteristiknya”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 7, no. 1 (July 31, 2022): 80–91. Accessed June 18, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/512.