Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Kesehatan Mental Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 6 Kota Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v7i1.573Keywords:
Pembelajaran Daring; Kesehatan Mental; Minat Belajar;Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh pembelajaran daring dan kesehatan mental siswa terhadap minta belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasi dan regresi terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif dengan menggunakan sofware pengolah data statistik SPSS versi 26. Hasil penelitian adalah: Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa. Hal ini dapat di lihat dari koefisien korelasi (r) sebesar 0,466 dan koefisien determinasi atau besarnya pengaruh (R2) R square sebesar 21,8%. Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh kesehatan mental terhadap minat belajar siswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,435 dan koefisien determinasi atau besarnya pengaruh (R2) R square sebesar 18,9%. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh pembelajaran daring dan kesehatan mental siswa terhadap minat belajar siswa. Koefisien korelasi (r) sebesar 0,604 sedangkan koefisien determinasi (R2) sebesar 36,5%.
References
Aliyah, Nurlia dan Akhmad Shunhaji. “Manajemen Penjamin Mutu Pendidikan Al-Qur’an di SDIT Buahati Islamic School 2 Jakarta Timur. “Madani Institute Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial dan Budaya, Vol. 10 No. 1 (2021): 47.
Arikunto, Suharisimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Asy’ari, Muhammad Hasyim. Adabul Alim wal mutaalim edisi terjemahan Pendidikan Karakter Khas Pesantren, Malang: Genius Media, Cet.1, 2014.
Aziz, Abdul. Membangun Karakter Anak dengan Al-Qur’an, Jawa Tengah: CV Pilar Nusantara, 2018.
Daradjat, Zakiah. Kesehatan Mental, Jakarta: Toko Gunung Agung, Cet XXIII, 2019.
Fadiyah, Nur dan Akhmad Shunhaji. “Efektivitas Alat Peraga Edukatif (APE) Balok dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. “Alim Journal of Islamic Education, Vol. 02 No. 2 (2020): 6.
Faqih, Faiqoh dan Saifuddin Zuhri. “Pengaruh Kenyamanan Kerja dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kreativitas Guru (Studi Empirik Kuantitatif di SD dan SMP Al-Azhar BSD Tangerang Selatan). “Madani Institute Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial dan Budaya, Vol. 10 No. 1 (2021): 4.
Gie, The Liang. Cara Belajar Yang Efisien, Cet. I, Yokyakarta: Liberty, 1994.
Hanifah, Umi dan Ria Yunitasari. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Covid-19. “Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2 No. 3 (2020): 235.
Harahap, dan Sorganda Poerbakawatja. Ensiklopedia Pendidikan, Cet.III, Jakarta: Gunung Agung, 1982.
Hasanah, Hainatun dan Akhmad Shunhaji. “Pendidikan Ramah Anak Perspektif Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Madinatur Rahmah. “Kordinat Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, Vol. XVIII No. 2 (2019): 428.
Hude, M. Darwis. Emosi Penjelajahan Religio Psikologis tentang Emosi Manusia di dalam Al-Qur’an, Jakarta: Erlangga, 2006.
Katsir, Ibn. Tafsir Al-Qur`an Al-Adhim, Volume 8, Kairo: Dar Al-Hadits, 2005.
Latifah, Eva. Psikologi Dasar Bagi Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Latifun, dan Moeljono Notosoedirdjo. Kesehatan Mental, Edisi IV, Malang: UMM Press 2017.
Mahmudah Umi, dan Siti Fatimah. “How E-Learning Affects Students' Mental Health During Covid-19 Pandemic: An Empirical Study. “Jurnal Riset Pedagogik, Vol 4 No. 1 (2020): 117.
Mufarokah, Anisatul. Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta, Teras, 2009.
Mulyasa, E. Manajemen Pendidikan Karakter, Cet V, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Mulyono, Ahmad dan Siskandar. “Pengaruh Gaya Belajar terhadap Tingkat Stres Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Polimedik Depok. “jurnal Cendekia, Vol. 15 No. 1 (2021): 32.
Mush’ab, Muhammad, et.al. Menjaga Kesehatan Mental ditengah Pandemi Covid0-19 Melalui Tazkiyatun Nafs. “Jurnal Waraqat, Vol 5 No. 2 (2020):
Parnawi, Afi. Psikologi Belajar, Yogyakarta: Deepublish, 2017.
Pohan, Albert Efendi. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah, Jawa Tengah: CV Sarnu Untung, 2020.
R. Gilang, K, Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19, Jawa Tengah: Lutfi Gilang, 2020.
Rosyid, Moh Zaiful, et.al. Prestasi Belajar, Malang: CV Literasi Nusantara, 2019.
Saugi, Wildan, dan Hirda Nuraini. Z. R. “Pengaruh Kuliah Online Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di IAIN Samarinda. “Jurnal El Buhuth, Vol. 02. No. 2 (2020): 125.
Saragih, Muhamad Nasrun, et.al. “Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Peraturan Pesantren Terhadap Kepuasan Santri Pondok Pesantren Manahijussadat Lebak Banten. “Kordinat Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, Vol. XIX No. 2 (2020): 321.
Sariani, Novita, et.al. Belajar dan Pembelajaran, Jawa Barat: Edu Publisher, 2021.
Sari, Windy Dian dan EE Junaedi Sastradiharja. “Pengaruh Persepsi Faktor Rasional dan Emosional Terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lentera Ilmu Kota Tangerang. “Andragogi Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1 No. 1 (2019): 117.
Sastradiharja, EE Junaedi. et.al, “Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Mata Pelajaran PAI dan Implementasinya di SMP Islam Asysyakirin Pinang Kota Tangerang. “Statement, Vol. 10 No. 1 (2020): 56.
Shihab, M. Quraish. Membumikan Al-Qur'an Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan, 1994.
Shunhaji, Akhmad. “Pembiasaan Positif dan Keteladanan di TK Tadika Puri Jakarta Selatan. “Andrologi, Vol. 3 No. 1 (2021): 117
-------; “Syari’at Pendidikan Nilai Kehidupan. “Andragogi, Vol. 2 No.2 (2020): 338.
-------; “Metode Pengajaran Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. “Profesi, Vol. 5 No. 1 (2016): 37.
-------; “Metode Pengajaran Karakter Berbasis Al-Qur’an. “Jurnal Mumtaz, Vol. 1 No. 1 (2017): 38.
Siskandar, “Keefektifan Pendekatan Cooperative Learning dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. “Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 16 No. 3 (2009): 179.
Sobandi, dan S. Nurhasanah. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. “Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 1 No.1 (2016): 130.
Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2019.
Suhartawan, Budi. “Wawasan Al-Qur’an tentang Moderasi Beragama. “Jurnal Kajian Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Vol. 01 No. 2 (2021): 53.
-------; “Etika Pembinaan Masyarakat dalam Perspektif Al-Qur’an. “Tafakkur Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Vol. 1 No. 2 (2021): 109.
Sunarsih, Wiwin. Pembelajaran CTL (Contextual Teach dan Learning) Belajar Menulis Berita Lebih Mudah, Jawa Barat: Adab, 2020.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana, 2016.
Sutrisno, Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran, Malang: Ahli Media Press, 2021.
Syahputra, Edy. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar, Sukabumi: Haura Publishing, 2020.
Syarifudin, Albitar Septian. “Implementasi Pembelajaran Daring untuk meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak diterapkannya Social Distancing. “Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 5 No. 1 (2020): 33.
Tanrere, Samsul Bahri, et.al. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Manajemen Kelas Terhadap Efektivitas Belajar Mengajar. “Statement, Vol. 9 No. 2 (2019): 99.
-------; “Pengaruh Iklim Organisasi dan Gaji Terhadap Kecerdasan Emosional Guru. “Alim Journal of Islamic Educatioan, Vol. 2 No. 2 (2020): 36.
Tim Penyusunan Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1988.
Tim Pengembang MKDP, Kurikulum dan Pembelajaran, Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2017.
Yustinus, Semiun. Kesehatan Mental 1, Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2006.
Wakka, Ahmad. “Petunjuk Al-Qur’an Tentang Belajar dan Pembelajaran “Pembahasan, Materi, Metode, Media Dan Teknologi Pembelajaran. “Journal Education and Learning, Vol. 01 No. 1 (2020): 82-92.
Winkel, W. S. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Gramedia, 2005.
Zain, Aswan, dan Syaiful Bahri Djamarah. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 muizzatul hasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.