Pengaruh Pemberian Reinforcement pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas I MTsN Jonggat

Authors

  • Mutmainnah Mutmainnah

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v7i2.645

Keywords:

Pengaruh, Reinforcement, Aqidah Akhlak, Prestasi, Siswa

Abstract

Penelitian meneliti tentang pengaruh pemberian reinforcement dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pemberian reinforcement pada mata pelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I MTsN Jonggat sebagai tujuan untuk mengetahui tentang pengaruh pemberian pembelajaran reinforcement pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adanya pengaruh antara pemberian reinforcement dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak, dimana prestasi yang dicapai dipengaruhi oleh pemberian reinforcement guru

References

Arikunto Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, penerbit, Rineka cipta. jakarta.

Departemen Agama RI, 2002. Al-quran Dan Terjemahannya, ,Karya Toha Putra. Semaraang

Djamarah Saiful Bahri,1994. Prestasi Belajar Mengajar Dan Kompetensi Guru.. Penerbit Usaha Nasional. Surabaya

Hasibuan, Mudjiono, 2008. Proses Belajar Mengajar, Penerbit Remaja Rosda Karya. Bandung

Margono, 2005. Metodologi penelitian pendidikan, Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Margono, 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan, Penerbit, Penerbit Rineka cipta. Jakarta.

Mulyasa, 2007. Menjadi Guru Profesional, Penerbit, Remaja Rosda Karya Bandung

Nasution, 2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Penerbit, Bumi Aksara. Jakarta.

Oemar Hamalik, 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi., Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Roestiyah, 2001. Strategi belajar mengajar, Penerbit.Asdi Mahastya. Jakarta

Riyanto Yatim, 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan, Penerbit SIC. Surabaya

Sugiyono, 2007. Metode Penelitia Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kualitatif).Penerbit, Alfabeta. Bandung.

Syihab, 2004. Akidah Ahlus Sunnah (Versi Khalaf Dan Posisi Asya’irah Di Antara Keduanya). Penerbit, Bumi Aksara,Jakarta.

Slameto, 2003. Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya, Penerbit, Rineka Cipta. Jakarta.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Mutmainnah, Mutmainnah. “Pengaruh Pemberian Reinforcement Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas I MTsN Jonggat”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 7, no. 2 (July 31, 2022): 68–76. Accessed May 30, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/645.