Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v7i2.652Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran, SMPN 1 MataramaAbstract
Adapun dalam penelitian ini terdapat tiga rumuskan masalah sebagai berikut: pertama, Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII pada semester genap di SMP Negeri 1 Mataram; kedua, Apa saja hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII pada semester genap di SMP Negeri 1 Mataram; ketiga, Bagaimana upaya guru dalam mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII pada semester genap di SMP Negeri 1 Mataram.metode kualitatif dipandang tepat untuk dijadikan alat pisau bedah dalam menghali dan memaparkan data dalam penelitian ini.
References
Ahmadi Abu dan Joko Tri Prasetya, Strategi Belajar Mengajar (SBM) untuk Fskultas Tarbiyah Komponen MKDK, Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Arief Armai, Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pres, 2002.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Daradjat Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Fathurrahman Pupuh dan Sobri Sutikno, Strategi Belajar Mengajar (Melalui penanaman Konsep Umum dan Kosep Islam), Bandung: Rapika Aditama, 2007.
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Ihsan Hamdani dan Fuad, Filsafat Pendidikan Islam (Untuk Fakultas Tabiyah Komponen MKK), Bandung: Pustaka Setia, 2001
Ladjid Hafni, Pengembangan Kurikulum (Menuju Kurikulum Berbasis Kompetensi), Ciputat: Ciputat Pres, 2005.
Majid Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsop Dan Implementasi Kurikulum 2004), Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006.
Margono, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Moleong, Lexi. J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.
Muktar, Desain Pembeljaran Pendidikan Agama Isla, Jakrta: Misaka Galiza, 2003
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Disekolah, Madrasah, Dan Perguruan Tinggi), Jakarta: Grapindo Persada, 2007.
Mulyasa, Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan), Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2004
Sagala Syaiful, Konsep Dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta: 2003.
Sanjaya Winana, Strategi Penbelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan), Jakarta: Pranada Media, 2007.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Supardi, Media Pembelajaran, IAIN Mataran 2005
Suryabrata, Sumardi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2007
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2007
Thoib, Ismail, Wacana Baru Pendidikan Meretas Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Genta pres, 2007
Uhbiyati Nur, Ilmu Pendidikan Islam (Untuk IAIN, STAIN, PTAIS), Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Undang-undang Guru dan Dosen (UU RI No. 14 Th. 2005), Jakarta: Sinar Grafika, 2006.
Usman, Basyiruddin, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Zuhaerini, Dkk, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional, 1983.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mashal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.