Pengaruh Budaya Sekolah 5S Terhadap Karakter Islami Siswa SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang

Authors

  • Liwa'ul Hamdiyah Universtas Hasyim Asy'ari
  • Jumari Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v8i2.741

Keywords:

Budaya Sekolah, 5S, Karakter Islami

Abstract

Budaya sekolah merupakan nilai-nilai serta tradisi-tradisi yang dibentuk dalam suatu organisasi sekolah dalam kurun waktu yang lama dan dijadikan acuan oleh seluruh warga sekolah sehingga mendorong munculnya sikap dan perilaku warga sekolah diantarnya dengan adanya 5S yaitu senyum, sapa, salam, sopan, dan santun. Oleh karena itu adanya penerapan budaya sekolah 5S maka akan membentuk suatu karakter Islami yang ada pada diri peserta didik. Karakter Islami merupakan sifat , budi pekerti yang bersifat keislaman pada diri seseorang peserta didik yang biasa disebut juga dengan akhlak mahmudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh budaya sekolah 5S (Senyum, sapa, salam, sopan, dan santun) terhadap pembentukan karakter Islami siswa kelas VIII di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Ex Post Facto yang merupakan penelitian ketika variabel bebas (independen) telah terjadi ketika peneliti mulai dengan pengamatan variabel terikat (dependen) dalam suatu penelitian, menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis yang diperoleh yaitu dengan nilai sig. 0,335. Nilai sig yang diperoleh tersebut > 0,05 sehingga hipotesis yang diterima adalah H0 dan Ha di tolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan budaya sekolah 5S terhadap pembentukan karakter Islami  kelas VIII di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang  tidak terdapat pengaruh.

References

Annisa. Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Dan Santun) Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta”. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah. Vol. 2. No. 2. 2019.

Dianna Ratnawati, Dkk. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Karakter Holistik Siswa Smkn Di Kota Malang”, Seminar Nasional Universitas PGRI (2015).

Fadilah, Dkk. Pendidikan Karakter. Jawa Timur: CV. Agrapana Media. 2021.

Maryamah, Eva. Pengembangan Budaya Sekolah. Jurnal Tarbawi, Vol. 2, No 2. Juli, 2018.

Marzuki. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah. 2015.

Muhaimin. Nuansa Baru Pendiidikan Islam. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada. 2006.

Muhammad Kadri and Ridwan Abdullah Sani. Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter anak yang Islami. Jakarta: Ptbumi Aksara. 2016.

Rahmat Hidayat dan Elsa Suryani. “Konstruksi Pendidikan Karakter Islami Siswa SMPIT Al-Munadi Medan”, Sabilarrasyad, Vol. 3 No. 01 (Januari, 2018).

Shihab, M Quraish. Yang Hilang Dari Kita Akhlak. Tangerang: Lentera Hati. 2016.

Sri Wening Rahayu, Dkk. “Implementasi Of Character Education Through Culture5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan Santun) At State Junior High School 2 Ngawi”. Based Education Jurnal, Vol. 1 No 2.

Sudrajat, Ajat. Budaya Sekolah&Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Intan Media. 2014.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alpabeta. 2018.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Hamdiyah, Liwa’ul, and Jumari. “Pengaruh Budaya Sekolah 5S Terhadap Karakter Islami Siswa SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 8, no. 2 (December 21, 2023): 102–108. Accessed May 30, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/741.