Kesenjangan Sosial Dalam Mengakses Pendidikan Di Bengkulu

Authors

  • Tiara Della Sinta UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Moch Iqbal Universitas Islam Negeri Fatmawati Suekarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v8i1.847

Keywords:

Kesenjangan Sosial, Akses pendidikan

Abstract

Melalui pendidikan bangsa dapat menciptakan generasi yang berkualitas untuk memimpin dan mengemban tugas dalam mewujudkan cita-cita suatu tujuan suatu bangsa. Namun permasalahan ketidakmerataan tunjangan fasilitas sarana dan prasaran, infrastruktur dan factor lainnya menjadi penghambat dalam mewujudkan kualitas SDM yang merata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis factor penyebab kesenjangan social dalam mengakses pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Selanjutnya melakiukan tahap reduksi data, penjayian data yang dihasilkamn dari analisis hasil data yang telah diperoleh, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial dalam bidang pendidikan, antara lain Rendahnya kualitas sarana sekolah dan tenaga pengajar, minimnya infrastruktur, sedikitnya buku refensi, masalah biaya pendidikan dan SBN.

References

Ali Holle ,Muhammad,2020, Kualitas Guru di Daerah Harus Terus Ditingkatkan,Berita Beta, https://beritabeta.com/kualitas-guru-di-daerah-harus-terus-ditingkatkan diakses pada 30 Oktober 2022

Chatib ,Muhammad 2014. Gurunya Manusia. Bandung: Mizan Pustaka

Fatmawati, N.dkk. 2019. Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan

Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2).

Fajartriani, T., & Karsiwan, W. 2021. Manajemen Pengadaan Sarana Prasarana Sekolah. Jurnal

Educatio Fkip Unma, 7(1). Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i1.907

KOMINFO.2015. Potret Pendidikan di Pelosok Negeri KOMINFO.https://www.kominfo.go.id/content/detail/5439/potretpendidikan-di-pelosok-negeri-2/0/sorotan_media

Leonard, 2015, Kompetensi Tenaga Pendidik Di Indonesia:

Analisis Dampak Rendahnya Kualitas Sdm Guru Dan

Solusi Perbaikannya, Jurnal Formatif 5(3), Universitas Indraprasta PGRI Hal.194

Lukihardianti Arie,2015, Daerah Pelosok Masih Kekurangan Guru, https://republika.co.id/berita/nyd51p359/daerah-pelosok-masih-kekurangan-guru diakses pada 30 Oktober 2022

Suprijanto,Pendidikan Orang Dewasa (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), 6

Septiani ,Andini, 2022, Mengatasi Dan Menyikapi Kesenjangan Sosial Dengan Menggunakan Penerapan Ekonomi Syariah,Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, Vol. 15, No. 01, Februari, 2022 https://deepublishstore.com/materi/kesenjangan-sosial/

Rosyadi, Y. I., & Pardjono, P. 2015. Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp 1 Cilawu Garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1).

Suhana,C. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Tatang M , Amirin. 2016. Pengertian Sarana Dan Prasarana Pendidikan. In Padamu Pendidikan Indonesia. Pt. Grafindo Persada diakses di

https://www.padamu.net/Pengertian-Sarana-Dan-Prasarana-Pendidikan

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Della Sinta, Tiara, and Moch Iqbal. “Kesenjangan Sosial Dalam Mengakses Pendidikan Di Bengkulu”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 8, no. 1 (December 1, 2023): 1–18. Accessed June 18, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/847.