Makna Pahlawan Tanpa Jasa Bagi Tenaga Pendidik Di SMPI Raudhatul Ulum Desa Gunung Geni

Authors

  • Abd Rohim universitas islam zainul hasan genggong
  • Ahmad Khumaidi

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v8i1.949

Keywords:

: pahlawan tanpa tanda jasa; kasih sayang guru;Super hero.

Abstract

identitas dan citra guru di masyarakat Indonesia tetap identik dengan pahlawan tanpa tanda jasa. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis hubungan sebab akibat yang muncul dalam ekspresi pahlawan anonim. Dengan pemahaman tersebut diharapkan tercipta hubungan sebab akibat dengan ungkapan para pahlawan yang tidak diketahui oleh masyarakat atau mereka yang berkecimpung dalam dunia pendidikan sehingga mengangkat guru di Indonesia ke sisi yang lebih manusiawi. Penelitian ini mengadopsi metode analisis bingkai atau analisis isi untuk menganalisis fenomena ekspresi pahlawan tanpa tanda jasa dalam masyarakat Indonesia sebagai fokus penelitian sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekspresi anonim para pahlawan diyakini telah menjadi identitas para guru di Indonesia. Tulisan ini juga diharapkan dapat menginspirasi profesionalisme guru di Indonesia.

References

Alamsyah, Alamsyah, Adawiyah Pettalongi, and Sitti Hasnah. 2022. “Pengaruh Kode Etik Guru Terhadap Perilaku Kerja Tenaga Pendidik.” Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu 1 (5): 284–89. https://kiiies50.uindatokarama.ac.id/.

Aliyyah, R R, S A Lutfah, and Z K Lathifah. 2017. “Pengelolaan Tenaga Pendidik Pada Sekolah Dasar the Management of Teachers At Elementary Schools” 4 (2): 75–86.

Anisa, Nadia Nuur, and Indi Djastuti. 2015. “Motivasi Kerja Islam Guru Tidak Tetap Sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa (Fenomenologi Pada SMP Swasta Islam Di Kota Semarang).” Diponegoro Journal of Management 4 (20): 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr.

Awaliati, Ramadha. 2016. “Profesional Guru Dalam Sebuah Profesi,” 1–5.

Cookson, Maria Dimova, and Peter M.R. Stirk. 2019. “Pentingnya Profesi Guru Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan,” no. 14.

Daeli, Seindah Imani. 2023. “Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ) Menjadi Pahlawan Bagi Diri Sendiri : Kajian Filsafat Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra )” 02 (01): 40–44.

Fakry Gaffar, Mohammad. 2017. “Guru Sebagai Profesi.” Jurnal Administrasi Pendidikan UPI 5 (1): 02.

Gunawan, Indra. 2018. “Hubungan Sebab Akibat Ungkapan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Terhadap Identitas Dan Kesejahteraan Guru Di Indonesia.” Pedagogia 16 (2): 123. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11296.

Heriyansyah, Heriyansyah. 2018. “Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1 (01): 116–27. https://doi.org/10.30868/im.v1i01.218.

Irwansyah, Andi. 2017. “Kemampuan Menulis Wacana Naratif.” As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 6 (1): 59–74.

Komang Anik Sugiani, Made Prima Restami. 2020. “Optimalisas Pelaksanaan Pendidikan Luar Sekolah Dengan Kelompok Belajar Untuk Pemerataan Pendidikan Di Daerah Tertinggal” 1 (1): 101–8. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/127.

Prasetyo, Teguh, Universitas Djuanda, Rasmitadila Rasmitadila, Universitas Djuanda, Widyasari Yahya, and Universitas Djuanda. 2018. “Profesi Keguruan,” no. December 2020: 165.

Putri, Istiqoma Helmi. 2017. “GURU BERKUALITAS MELAHIRKAN BIBIT YANG,” 1–7.

Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2 (1): 1–8.

Rusmin, Muhammad. 2019. “Guru Adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.” Jurnal UIN ALAUDDIN 8 (2): 381–91.

Ulum, M Miftahul. 2008. “Rekonseptualisasi Dan Reposisi Guru Di Era Globalisasi.” Jurnal At-Ta’dib 3 (1): 41–50.

Yuliyanti, N. n.d. “Guru Profesional Yang Mendidik Anak Bangsa.” Thesiscommons.Org. https://thesiscommons.org/8yu9k/download?format=pdf.

Alamsyah, Alamsyah, Adawiyah Pettalongi, and Sitti Hasnah. 2022. “Pengaruh Kode Etik Guru Terhadap Perilaku Kerja Tenaga Pendidik.” Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu 1 (5): 284–89. https://kiiies50.uindatokarama.ac.id/.

Aliyyah, R R, S A Lutfah, and Z K Lathifah. 2017. “Pengelolaan Tenaga Pendidik Pada Sekolah Dasar the Management of Teachers At Elementary Schools” 4 (2): 75–86.

Anisa, Nadia Nuur, and Indi Djastuti. 2015. “Motivasi Kerja Islam Guru Tidak Tetap Sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa (Fenomenologi Pada SMP Swasta Islam Di Kota Semarang).” Diponegoro Journal of Management 4 (20): 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr.

Awaliati, Ramadha. 2016. “Profesional Guru Dalam Sebuah Profesi,” 1–5.

Cookson, Maria Dimova, and Peter M.R. Stirk. 2019. “Pentingnya Profesi Guru Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan,” no. 14.

Daeli, Seindah Imani. 2023. “Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ) Menjadi Pahlawan Bagi Diri Sendiri : Kajian Filsafat Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra )” 02 (01): 40–44.

Fakry Gaffar, Mohammad. 2017. “Guru Sebagai Profesi.” Jurnal Administrasi Pendidikan UPI 5 (1): 02.

Gunawan, Indra. 2018. “Hubungan Sebab Akibat Ungkapan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Terhadap Identitas Dan Kesejahteraan Guru Di Indonesia.” Pedagogia 16 (2): 123. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11296.

Heriyansyah, Heriyansyah. 2018. “Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1 (01): 116–27. https://doi.org/10.30868/im.v1i01.218.

Irwansyah, Andi. 2017. “Kemampuan Menulis Wacana Naratif.” As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 6 (1): 59–74.

Komang Anik Sugiani, Made Prima Restami. 2020. “Optimalisas Pelaksanaan Pendidikan Luar Sekolah Dengan Kelompok Belajar Untuk Pemerataan Pendidikan Di Daerah Tertinggal” 1 (1): 101–8. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/127.

Prasetyo, Teguh, Universitas Djuanda, Rasmitadila Rasmitadila, Universitas Djuanda, Widyasari Yahya, and Universitas Djuanda. 2018. “Profesi Keguruan,” no. December 2020: 165.

Putri, Istiqoma Helmi. 2017. “GURU BERKUALITAS MELAHIRKAN BIBIT YANG,” 1–7.

Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2 (1): 1–8.

Rusmin, Muhammad. 2019. “Guru Adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.” Jurnal UIN ALAUDDIN 8 (2): 381–91.

Ulum, M Miftahul. 2008. “Rekonseptualisasi Dan Reposisi Guru Di Era Globalisasi.” Jurnal At-Ta’dib 3 (1): 41–50.

Yuliyanti, N. n.d. “Guru Profesional Yang Mendidik Anak Bangsa.” Thesiscommons.Org. https://thesiscommons.org/8yu9k/download?format=pdf.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Rohim, Abd, and Ahmad Khumaidi. “Makna Pahlawan Tanpa Jasa Bagi Tenaga Pendidik Di SMPI Raudhatul Ulum Desa Gunung Geni”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 8, no. 1 (December 1, 2023): 55–67. Accessed May 30, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/949.