Pola Komunikasi Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa

Authors

  • Muhibbin Elben Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor

Keywords:

Pola Komunikasi Dosen, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pola komunikasi dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa prodi Kpi Iaih Pancor Tahun 2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data primer yaitu 3 orang dosen yang sedang bertugas sebagai tenaga pengajar di prodi Kpi Iaih Pancor Tahun 2025. Informan pokok yaitu 3 orang per semester mahasiswa prodi KPI jumlah keseluruhan 12 orang. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Data sekunder melalui dokumen menggunakan studi literatur buku, catatan- catatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua triangulasi yaitu triangulasi berbasis sumber dan triangulasi berbasis metode. Berdasarakan hasil penelitian, pola komunikasi dosen dengan mahasiswa cenderung berbeda-beda, namun dosen lebih banyak menggunakan pola komunikasi linear di dalam kelas.

Kata Kunci: Pola Komunikasi Dosen, Motivasi Belajar

References

Bonney, E. A., Amoah, D. F., Micah, S. A., Ahiamenyo, C., & Lemaire, M. B. (2015). The Relationship between the Quality of Teachers and Pupils Academic Performance in the STMA Junior High Schools of the Western Region of Ghana. Journal of Education and practice, 6(24), 139-150.

Cangara, H. (2012). Pengantar ilmu komunikasi.

Fatchiyah, N. (2018). Pengaruh Kinerja Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Manajerial, 1(2), 151-161.

Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hasil wawancara dengan mahasiswa Sahdan Rosady semester 1 prodi Komunikasi dan penyiaran Islam, 2025

Hasil wawancara dengan mahasiswa Ziad Potabuga semester 1 prodi Komunikasi dan penyiaran Islam, 2025

Hasil wawancara dengan mahasiswa Muhammad Firmansyah semester 1 prodi Komunikasi dan penyiaran Islam, 2025

Hasil wawancara dengan mahasiswa M. Faisal Khairi semester 3 prodi Komunikasi dan penyiaran Islam, 2025

Hasil wawancara dengan mahasiswa Roni Maulana semester 3 prodi Komunikasi dan penyiaran Islam, 2025

Hasil wawancara dengan mahasiswa Momeng Mubarak Ambarak semester 3prodi Komunikasi dan penyiaran Islam, 2025

Hasil wawancara dengan mahasiswa Haris Surya Apriandi semester 5 prodi Komunikasi dan penyiaran Islam, 2025

Hasil wawancara dengan mahasiswa Muh. Zunnurain semester 5 prodi Komunikasi dan penyiaran Islam, 2025

Hasil wawancara dengan mahasiswa Zulvan Rosidy semester 5 prodi Komunikasi dan penyiaran Islam, 2025

Hasil wawancara dengan mahasiswa Arya Solihin semester 7 prodi Komunikasi dan penyiaran Islam, 2025

Hasil wawancara dengan mahasiswa M. Fikri Harley semester 7 prodi Komunikasi dan penyiaran Islam, 2025

Hasil wawancara dengan mahasiswa Ahmad Farizi semester 7 prodi Komunikasi dan penyiaran Islam, 2025

Hasil wawancara peneliti dengan Dosen sekaligus selaku Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Dr. Ahmad Muzayyin, 2025

Hasil wawancara peneliti dengan Dosen KPI M. Sabron Sukmanul Hakim, 2025

Khoir, M. S. (2014). Pola komunikasi guru dan murid di sekolah luar biasa b (slb-b) frobel montessori Jakarta timur.

Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada

Lestari, N. P. (2022). Pengaruh Pola Komunikasi Mahasiswa dengan Dosen Pembimbing Akademik dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Uin Malang. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 1-11.

Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Luga, N., Samosir, C., & Zega, H. (2023). Pola Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Hubungan Internal Dan Eksternal. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 5(1), 253-260.

Moleong, L. J., & Surjaman, T. (2014). Metodologi penelitian kualitatif.

Nurjannah, F., Syamsir, S., & Ramadhan, F. (2022). Pengaruh Gaya Dosen Memimpin Sebuah Pembelajaran Terhadap Prestasi Dan Motivasi Belajar Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 7(3), 400-407.

Oktaviasari, T. (2013). Pola Komunikasi Interpersonal Di National Paralympic Committee Surakarta (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Interpersonal Antara Pelatih Dan Atlet Difabel Di Organisasi National Paralympic Committee Surakarta).

Panuju, R. (2018). Pengantar Studi (ilmu) Komunikasi: komunikasi sebagai kegiatan komunikasi sebagai ilmu. Kencana.

Prasetyo, B. (2012). Metode penelitian kuantitatif.

Rahmat, J. (2017). Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik Dan Penafsirannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt. Rajawali

Soyomukti, N. (2010). Pengantar ilmu komunikasi. Ar-ruzz media.

Sugiyono, D. (2010). Memahami penelitian kualitatif.

Uchjana, O. (2007). Ilmu Komunikasi teori dan praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2025-06-08

How to Cite

Elben, M. (2025). Pola Komunikasi Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Al-Ittisholi: Jurnal Komunikasi Islam , 2(2), 83–106. Retrieved from https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/alittisholi/article/view/2133

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.