Analisis Tingkat Penguasaan Keterampilan Sholat dan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Marzoan Marzoan STKIP Hamzar Lombok Utara
  • Raden Sumiadi
  • Muhajirin Ramzi STKIP Hamzar Lombok Utara
  • Sukarto STKIP Hamzar Lombok Utara
  • Maulida Arum F STKIP Hamzar Lombok Utara

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v23i1.2239

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penguasaan keterampilan sholat dan membaca Al-Qur'an pada siswa kelas V Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Lombok Utara. Keterampilan sholat dan membaca Al-Qur'an merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh setiap siswa muslim, namun berbagai laporan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai kedua keterampilan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, melibatkan 777 siswa dari 30 SD yang tersebar di lima kecamatan di Kabupaten Lombok Utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan  stratified random sampling  untuk memastikan representasi yang seimbang dari berbagai tingkat kualitas sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 62% siswa sudah lancar dalam melaksanakan sholat, sementara 38% masih mengalami kesulitan. Untuk keterampilan membaca Al-Qur'an, 53% siswa mampu membaca dengan lancar, sedangkan 47% masih mengalami kesulitan, terutama dalam aspek tajwid dan kelancaran bacaan. Tidak ditemukan perbedaan yang signifikan dalam kemampuan sholat dan membaca Al-Qur'an antara siswa di sekolah tingkat atas, menengah, dan bawah, yang mengindikasikan bahwa faktor lingkungan keluarga dan keikutsertaan siswa dalam Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) memiliki pengaruh yang lebih besar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru, keterbatasan waktu pembelajaran agama di sekolah dan kurangnya praktik langsung menjadi faktor utama rendahnya keterampilan ibadah siswa. Keikutsertaan siswa dalam TPQ terbukti secara signifikan meningkatkan kemampuan mereka dalam sholat dan membaca Al-Qur'an. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan peningkatan metode pembelajaran berbasis praktik, kolaborasi antara sekolah dan TPQ, serta pelibatan orang tua dalam membimbing anak di rumah. Selain itu, diperlukan evaluasi berkala oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran agama di sekolah dasar.

References

Aeni, Ani Nur., Solihah, Endang., dkk. (2021). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menulis Huruf Al-Quran pada Siswa di SD Umum dan di SD Berbasis Islam. ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, Vol. 3, No. 2

Alwi, Z. (2020). Pendidikan Islam dan Pembentukan Karakter Muslim. Pustaka Ilmu.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Damayanti. (2025). Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Siswa di Sekolah. Analysis: Journal of Education. Vol. 3, No. 1

Fadilah, N. (2020). Efektivitas Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar: Studi Komparatif antara Ceramah dan Praktik Ibadah. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 45-58.

Fauzan, R. (2018). Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 45-58.

Hasanah, R., & Ramdani, M. (2022). Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Ibadah Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 6(1), 33-47.

Hidayat, M., & Rahma, F. (2022). Kesulitan Siswa dalam Menghafal dan Memahami Bacaan Sholat: Studi di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Studi Islam, 14(2), 33-47.

Irawati, Dini., dkk. (2022). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar dan Menengah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 5, No. 12

Lubis, Novalina Br. (2024). Kendala dan Solusi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Khidmat, Vol. 2, No. 1

Masjudin, (2024). Penanaman Pendidikan karakter melalui kajian Kitab Ta'lim al-Muta'allim. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial Vol 9 No 2 Desember 2024.

https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1726

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Muhaimin. (2020). Pendidikan Islam dalam Perspektif Teoretis dan Praktis. Rajawali Pers.

Mulyadi, A. (2021). Strategi Penguatan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Muslim Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 21-37.

Rahman, A. (2021). Strategi Pembelajaran Al-Qur’an di Era Digital. Pustaka Edu.

Rahman, A., & Hidayat, M. (2022). Integrasi TPQ dan Sekolah dalam Meningkatkan Keterampilan Ibadah Siswa. Jurnal Pendidikan Keislaman, 8(3), 51-66.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryani, L. (2021). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar: Analisis Kesenjangan antara Teori dan Praktik. Jurnal Studi Islam, 9(1), 15-30.

Suyadi. (2019). Revolusi Pendidikan Islam: Konsep dan Aplikasi. Kencana.

Syaifullah, Muhammad., dkk. (2022). Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an pada Siswa Kelas V MI/SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 6, No. 2.

Zubaedi. (2017). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Marzoan, M., Raden Sumiadi, Ramzi, M., Sukarto, & Arum F, M. (2025). Analisis Tingkat Penguasaan Keterampilan Sholat dan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Sekolah Dasar. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 23(1), 20–32. https://doi.org/10.37216/tadib.v23i1.2239