EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROSES KELOMPOK (GROUP PROCCESS APROACH) KELAS VII DI SMP .doc
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v2i1.141Keywords:
Efektivitas, Pembelajaran PAI, Pendekatan Proses Kelompok (group proccess approach)Abstract
Untuk mendapat hasil yang maksimal dalam Proses belajar mengajar guru harus bekerja dengan ekstra keras. Begitu banyaknya rintangan yang dihadapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal guru juga memcoba berbagai metode dalam menyampaikan materi. Dalam menyampaikan materi guru di SMP Negeri 5 kopang Kabupaten lombok tengah menerapkan Pendekatan Proses Kelompok (Group Proccess Aproach).Keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar, dapat dilihat dari sejauh mana tujuan-tujuan pendidikan telah ditetapkan dapat dicapai setelah berlangsungnya proses pelajaran. Oleh karena itu guru harus merumuskan tujuan-tujuan pendidikan mengajarnya dengan jelas, kongkrit dan sebaik- baiknya demi perubahan anak didik, baik pengetahuan, percakapan, nilai sikap dan tingkah laku, atau kepribadian maupun ketrapilan- ketrapilan.
Untuk menemukan fakta dan data yang valid maka penulis dalam karya ilmiah ini menggunakan metode penelitian PTK, pengumpulan data dengan observasi, interview, dokumentasi dan analisa data serta tes.Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAI dengan menggunakan Pendekatan Proses Kelompok (group proccess approach) di SMP 5 Kopang kabupaten Lombok Tengah dilakukan dengan cara diskusi, ceramah dan demonstrasi sedang Efektivitas Pembelajaran PAI Dengan Menggunakan Pendekatan Proses Kelompok (group proccess approach) Di Kelas VII di SMP Negeri 5 Kopang Kabupaten Lombok Tengah cukup efektif. Hal ini dapat dilihat dari minat dan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan.