Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Perkembangan Sosial Siswa Kelas IX A SMPN 6 Pujut

Authors

  • Suburiah Aan Hikmah
  • Muhammad Ihsan
  • Pahrul Hadi IAI Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v7i2.646

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Perkembangan Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap perkembangan sosial siswa kelas IX A SMPN 6 Pujut Lombok Tengah. Jenis penelitian ini deskriftif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, sumber data penelitian ini yaitu siswa SMPN 6 Pujut.Kemudian data dikumpulkan dengan melakukan survey menggunakan instrument penelitian berupa penyebaran angket terhadap 18 responden.Teknik kuantitatif dengan tiga tahap yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan koefisien korelasi. Untuk membuktikan hipotesis menggunakan uji-t. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana yang bertujuan untuk melihat pengaruh kecerdasan emosional terhadap pengaruh perkembangan sosial. Hasil penelitian ini, pengaruh kecerdasan emosional terhadap perkembangan sosial kelas IX A SMPN 6 Pujut Lombok Tengah, menunjukkan bahwa pengaruh kecerdasan emosional berdasarkan variabel intensitas penting bagi responden. Dari hasil angket responden menyatakan bahwa kecerdasan emosional mereka dihasilkan dari belajar, menyesuaikan diri serta bersosialisasi dengan masyarakat.Berdasarkan analisis uji-t diketahui t hitung pengaruh kecerdasan emosional terhadap perkembangan sosial adalah (1.732) signifikan pada tarap signifikasi 10% dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Implikasi dari penelitian ini terdapat 10,5% dari faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional siswa.

 

References

Abu Ahmadi Munawar Sholeh, Psikologi Perkembangan, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005)

Agustina,Ary Ginanjar,Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ) Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, (Jakarta: Arga, 2003)

Goleman,Daniel,Emotional Intelligence, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2006)

Hamzah B.Uno,Orientasi Baru dalam Psokologi Pembelajaran, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006)

Hurlock,Elizabeth B.,Perkembangan Anak.(Jakarta: Erlangga, 1999)

Hurlock E. B., Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, (Jakarta: Erlangga, 1995)

Masjudin, M, Sahyuddin, S (2017). Teori Kecerdasaan Majemuk (Multiple Intellegence) dan Teori Kecerdasan Emosi (Emotional Intelligence) Serta Relevansinya Dengan Konsep Pendidikan Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial, 15(1).

Ratnawati, M.,Hubungan Antara Persepsi Terhadap Suasana Belajar, Citra Diri, dan Motif Berprestasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Anima, XI (42).

Susanto,Ahmad, Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012)

Singgih Gunarsa. Yulia D. Gunarsa, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Jakarta: PT.BPK Gunung Mulia, 2003)

Wahyuningsih, Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Belajar,Pada Siswa kelas II SMU Lab School Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia, 2004 . Y. A. I.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Aan Hikmah, Suburiah, Muhammad Ihsan, and Pahrul Hadi. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Perkembangan Sosial Siswa Kelas IX A SMPN 6 Pujut”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 7, no. 2 (July 31, 2022): 42–52. Accessed May 30, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/646.