IMPLEMENTASI EVALUASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 1 SAKRA LOMBOK TI.docx

Authors

  • Nurul Hidayati IAI Hamzanwadi NW Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v2i2.145

Keywords:

Implementasi, Evaluasi, Kurikulum, Pembelajaran Pendidikan

Abstract

Pembahasan ini difokuskan pada bagaimana Proses Evaluasi Pembelajaran PAI Pada Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1Sakra Lombok Timur dan bagaimana Implementasi Pembelajaran PAI Pada Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Sakra. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengImplementasikan pelaksanaan Proses Evaluasi (Penilaian) pada Kurikulum 2013 dan mendeskripsikan Proses Pembelajaran  PAI pada Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Sakra Lombok Timur.

 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: dalam  Pelaksanan Proses Pembelajaran pada Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Sakra Lombok Timur, dilaksanakan dengan baik sekalipun belum maksimal melalui tiga (3) tahapan; a) Kegiatan Pendahuluan; b) Kegiatan Inti dan c) Kegiatan Penutup. Juga pembelajaran PAI yang dilaksanakan melalui pendekatan saintifik, yaitu pengamatan, bertanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan informasi dan mengomunikasikannya.

 Dengan adanya Kurikulum 2013 ini, kegiatan  proses belajar mengajar sampai dalam proses penilaian sudah bisa di rasakan oleh peserta didik dan guru, dapat memberikan pengaruh terhadap peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan, membangun kerjasama, bertanggung jawab, berperilaku sopan, di kalangan peserta didik lainya.

Downloads

Published

2019-04-25

How to Cite

Hidayati, Nurul. “IMPLEMENTASI EVALUASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 1 SAKRA LOMBOK TI.Docx”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 2, no. 2 (April 25, 2019): 13–32. Accessed June 14, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/145.