Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Project Based Learning Kelas V SDN 4 Sindangkasih

Authors

  • Gilang Ramdan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alyanti Nikita Dewi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dea Nafira Khusnul Mufhidah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M.Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i1.1464

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar, PjBL

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan metode Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini mengadopsi gaya belajar yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan siswa yang memiliki preferensi auditori, visual, dan kinestetik. Lokasi penelitian berada di UPTD SDN 4 Sindangkasih, Purwakarta, Jawa Barat. Sampel penelitian dipilih secara acak menggunakan metode random sampling. Instrumen penelitian mencakup refleksi pembelajaran untuk mengukur motivasi belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Project Based Learning (PjBL) efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Author Biographies

Alyanti Nikita Dewi, Universitas Singaperbangsa Karawang

Mahasiswa Semester 6 di Universitas Singaperbangsa Karawang 

Dea Nafira Khusnul Mufhidah , Universitas Singaperbangsa Karawang

Mahasiswa semester 6 Universitas Singaperbangsa Karawang

Nur Aini Farida, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen S1 Pendidikan Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang

M.Makbul, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen S1 Pendidikan Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang 

References

Aini, A. T. A. (2023). Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X di SMA Al-Amin Blimbing Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Malang).

Hanun, S. F., Charles, C., Aprison, W., Fauzan, F., & Deswalantri, D. (2023). Pelaksanaan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran PAI Di SMP N 1 Matur Kabupaten Agam. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 4(4), 223-234.

Kartika, E., Mulyadi, A., & Irham, I. (2024). PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS X SMK NEGERI 1 CIKARANG SELATAN. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(3), 413-425.

Sikrun, M. (2022). Mengajak Peserta Didik Kelas XI Untuk Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran PAI Tahun 2022. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(9), 325-332.

Siregar, H. L. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PAI Berbasis Proyek Video Islami Untuk Membangun Karakter Mahasiswa Di Abad Ke-21 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Gilang Ramdan, Alyanti Nikita Dewi, Dea Nafira Khusnul Mufhidah, Nur Aini Farida, and M.Makbul. “Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Project Based Learning Kelas V SDN 4 Sindangkasih”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 9, no. 1 (June 23, 2024): 97–105. Accessed May 30, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1464.