Implementasi Layanan BK untuk Menangani Permasalahan Siswa-Siswa Di MTs Syech Quro Al-Alawi
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i2.1756Abstract
Penelitian ini membahas perilaku remaja di madrasah tsanawiyah (MTs) yang dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, pergaulan, dan kondisi psikologis. Pada masa transisi menuju dewasa, remaja menghadapi perubahan fisik, emosional, dan sosial yang dapat memicu masalah seperti penurunan motivasi belajar, kesulitan adaptasi, serta konflik antar teman. Layanan bimbingan dan konseling (BK) di MTs berperan penting dalam membantu siswa menghadapi tantangan ini, namun pelaksanaan BK di MTs Syech Quro Al-Alawi masih menghadapi kendala. Masalah disiplin, penurunan motivasi, dan rendahnya keterbukaan siswa untuk mengungkapkan masalah pribadi menunjukkan bahwa pendekatan BK belum optimal. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hambatan dalam pelaksanaan BK, memahami jenis masalah yang umum dialami siswa, dan mengeksplorasi faktor-faktor yang dapat mendukung keberhasilan BK. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang optimalisasi program BK guna mendukung perkembangan siswa di MTs.
References
Andra Mairoza, and Dasril. ‘Tugas Pokok Dan Fungsi Kepala Sekolah Dalam Bimbingan Dan Konseling’, n.d.
Arifudin, Opan. IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DALAM KURIKULUM 2013, n.d.
Eka Sari Setianingsih. ‘KETERBUKAAN DIRI SISWA (Self Disclosure)’. JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2 (October 2015).
Firda Mufidah, Elia, Aniek Wirastania, and Cindy Asli Pravesti. STUDI KASUS: PERMASALAHAN YANG SERING DITANGANI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR DAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. Vol. 6, n.d.
Fitri, Ilya Aida Darliyan, Dede Rahmat Hidayat, and Sofia Hartati. ‘Manajemen Program Bimbingan Konseling Sekolah Menengah Pertama’. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 9, no. 2 (20 November 2019): 103. Accessed doi:10.25273/counsellia.v9i2.4808.
Herlina, Uray. TEKNIK ROLE PLAYING DALAM KONSELING KELOMPOK. Jurnal Pendidikan Sosial. Vol. 2, 2015.
Ismail Ahmad Siregar. ‘PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA BIMBINGAN DAN KONSELING SESUAI DENGAN STANDAR PENDIDIKAN’, 2019.
Kamaluddin, H, Bimbingan Dan, and Konseling Sekolah. Bimbingan dan Konseling Sekolah, n.d.
Kurniawati, Nuning, I Ketut Dharsana, and Kadek Suranata. ‘Implementasi Asas Keterbukaan Dalam Pelaksanaan Konseling Individu Pada Siswa SMA’. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 9, no. 1 (20 March 2023): 258. Accessed doi:10.29210/1202322654.
Lianawati, Ayong. Implementasi keterampilan konseling dalam layanan konseling individual, 2017. Accessed http://jambore.konselor.org/.
Putri, Enjela Pulda, and Hidayani Syam. UPAYA GURU BK DALAM MENGATASI KESULITAN PESERTA DIDIK BERKEPRIBADIAN INTROVERT DI SMAN 1 KAPUR IX Afriyeni SMA Negeri 1 Kapur IX. Maret, 2023.
Sartika, Mulia, and Hengki Yandri. PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KONFORMITAS TEMAN SEBAYA. Indonesian Journal of Counseling & Development. Vol. 01, 2019.
Selly Syahfitri, Alya Rahmayani Harahap, Syaputri Wijayanti, and Annisa ArrumaisyahDaulay. ‘Peran Bimbingan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Anak’. Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4 (2022).
Syakur, M, and Ahmad Andry Budianto. PROFESIONALISME GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MASA PANDEMI COVID-19. Vol. 3, 2021.
Zahara Mustika, Oleh. PENTINGNYA PERANAN WALI KELAS DALAM PEMBELAJARAN. Vol. 3. Januari-Juni, 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nanda Nur Alisa, Zahro Nur Annisa, Deni Lesmana, Salsabila Amarunnisa, Nur Aini Farida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.