Strategi Membentuk Karakter Santri Di Pondok Pesantren Hidayatut Tauhid Dusun Esot Desa Labuan Haji
(Analisi Kitab Kitab Akhlak Lil Banin)
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i2.1701Keywords:
Karakter, Pembelajaran, Pondok Pesantren, AkhlakilBanin.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas yang di Pondok pesantren Hidayatut Tauhid Dusu Esot dimana dalam aktivitas belajarnya tercermin proses penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dengan menggunakan kitab Akhlak Lil Banin. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Pelaksanaan trasdisi membaca kitab akhlak lil banin dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Hidayatut Tauhid Dusun Esot. Dengan pendekan pedagogic. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan tradisi membaca kitab akhlak lil banin yaitu disiplin, peduli lingkungan, peduli sosial atau sopan santun dan akhlak kepada guru
References
A Fatah Yasin, 2008, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, Malang: NU Malang Press.
Abdullah Aly, 2011, Pendidikan Islam Multikuntural di Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Abdullah Ridwan Sani, 2016, Pendidikan Karakter mengembangkan karakter anak yang islami, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Abdurrahman Wahid, 2010, Mengerakkan Tradisi, Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.
Abdus Salam, 2019, Tradisi Dan Kebudayaan Nusantara, Semarang: Lembaga Studi Sosial dan Agama (eLSA) Press.
Adhim Fauzan, 2020, Arah Baru Manajemen Pondok Pesantren, Malang: Literasi Nusantara.
Afifuddin, Beni Ahmad Saebani, 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: CV Pustaka Setia.
Aisyah, Dkk, 2018, Pendidikan Karakter: konsep dan implementasinya, Jakarta: KENCANA.
Al-Ustadz Umar Bin Ahmad Baraja, Kitab Akhlak Lil Banin Jilid 1, Surabaya: C.V. AHMAD NABHAN.
Anam Saiful, 2021, Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin Dalam Menanamkan Akhlak Karimah Bagi Santri DI Pondok Pesantren Darul Hikam Joresan Mlarak Ponogoro,Skripsi, IAIN, PONOGORO.
Anwar Saiful, 1999, Metode Penelitian, Jakarta: Pustaka Belajar.
Arifin Zainal, 2018, Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: teori dan praktik, Yogyakarta: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (UIN).
Armai Arief, 2002, Pengatar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pres.
Aziz Abd Hsb, Dkk, Tradisi Pesantren Sebagai Budaya Dalam Pembentukan Kepribadian Santri (STUDI DI NANGGOROE ACEH DARUSSALAM), Vol. 3, No. 2, E-ISSN: 2685-1148, (2020).
Dasmadi, 2022, Membangun Pondok Pesantren, Membangun Generasi Khaira Ummah Pendekatan Manajemen dan Tata Kelola, Jawa Tengah : Lakeisha.
Deni Ahmad Soebani, 2008, Metode Penelitian, Bandung : CV, Pustaka Setia.
Dirsa Andika, Dkk, 2022, Pendidikan Karakter,Sumatra Barat : PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Fadilah, Dkk, 2021, Pendidikan Karakter, Jawa Timur: CV AGRAPANA MEDIA.
Fatwiki ningsing Nur, 2020, Teori Psikologi Kepribadian, Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).
Fiantika Rita Feny, Dkk, 2022, Metodologi Penelitian Kualitatif, Sumatra Barat: PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Gina Hikmitiar, “Nilai-Nilai Karakter Dalam Kitab AL-Akhlak Lil Banat Dan Implentasinya Pada Santri DI Pondok Pesantren Babussalam Malang di UNIN Maulana Malik Ibrahim” dalam http//www.core.ac.uk, diambil tanggal 9 Mei 2023, pukul 10.10 WITA.
Hadi Rudy Kusuma, 2020, Konseling Kelompok Berbasis Nilai-Nilai Pesantren, Palembang: Bening media Publishing.
Hamid Abdullah, 2017, Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren, Surabaya: IMTIYAZ
Hasbullah, 2001, Sejarah Pendidikan Islam Indonesia, Jakarta: Grafindo Persada.
Hidayat Tatang, Dkk, Peran Poondok Pesantren Sebagai Lemabaga Pendidikan Islam Di Indonesia, Vol 7, No. 2, (2018), 461-472.
Husniah Furoidatul, Presentasi Tradisi Pesantren Dan Tantangannya Di Era Global Dalam Novel Indonesia, FIKIP Universitas Jember, Jalan Kalimantan no. 37 Jember.
Ihsan Imamul, 2020, Pengatar Psikologi Sosial, Yogyakarta: ZAHIR PUBLISHING.
Iman Bawami, 1998, Tradisionallisme dalam Pendidikan islam, Jakarta: al-Ikhlas. Izan, Dkk, 2014, Tafsir Pendidikan, Konsep Pendidikan Berbasis Al-quran, Bandung: KDT.
Junaedi Mahmud, 2017, Pradigma Guru Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana
Kurniawan Andri, Dkk, 2021, Bimbingan Karier: Implementasi Pendidikan Karakter, Cirebon: IKAPI.
Lexy Meleong, 2006, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosadakarya Offset.
Mansur, 2004, Moralitas Pesantren Meneguk Kearifan Dari Telaga Kehidupan, Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Maufid Ahmad Anwari, 2020, Potret Pendidikan Karakter Di Pesantren, Tasikmalaya: EDU PUBLISHER.
Maula Anjani, “Revitalitas Tradisi Pengkajian Kitab Kuning Dalam Membangun Karakter Tabayyun UNIN, Syarif Hidayatullah” dalam http//www.repository.uinjkt.ac.id, diambil tanggal 10 Mei 2023, pukul 09.09 WITA
Moleong Lexy, 2012, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong Lexy, 2018, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muazayin Shofwan, 2021, Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren, Bandung: Manggung Makmur Tanjung Lestari.
Mustajab, 2015, Masa Depan Pesantren telaah atas model kepemimpinan dan manajemen pesantren salaf, Yogyakarta: LKIS Yogyakarta.
Mustoip Sofyan, Dkk, 2018, Implementasi Pendidikan Karakter, Surabaya: CV. Jakad Publishing.
Mutakin Ali, Dkk, AL-Ashriyyah juranal kajian keislamaan, Vol 1, No. 1, ISSN: 2476-8804, Oktober (2015).
Nashihin Husna, 2017, Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren, Semarang: Formanci.
Nata Abudin, 2004, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Rajag Findo Persada.
Nur Uhbiyanti, 1998, ilmu pendidikan islam, Bandung: Pustaka Setia.
Nurhalizah Siti Muhlis, Riset Budaya Mempertahankan Tradisi di Tengah Krisis Moralitas, (Sulawesi Selatan: IAIN Parepare Nusantara Press, 2020).
Rafika Khamisah, “Tradisi Membaca Al-Qur’an Pada Pondok Pesantren Darul Aarafah Raya Tanjung Anom UNIN” dalam http//www.repository.uinsu.ac.id, diambil tanggal 5 mei 2023, pukul 10.25 WITA.
Rahayu Nora, Dkk, 2022, Teori Dan Permasalahan Belajar Pendidikan Dasar, Jawa Tengah: Yayasan Lembaga Gumun Indonesia.
Said Hamid Hasan, dkk, 2010, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muh Zakaria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.