Eksistensi Pondok Pesantren Dalam Mengembangkan Pendidikan Islam

(Analisis Manajemen Lembaga Pondok Pesantren Di Lombok)

Authors

  • Muh Zakaria IAI Hamzanwadi Pancor
  • H. Muhammad Imanuddin IAI Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v7i2.654

Keywords:

Eksistensi Pondok Pesantren, Pendidikan Islam, Pulau Lombok

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang bagaimana eksistensi pondok pesantren di lombok tentunya dalam hal ini berkaitan semua elemen yang berkaitan dengan pondok pesantren itu dilibatkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif dengan pendekatan penelitian internalisasi nilai. Adapun hasil penelitian kemudia di peroleh dilapangan ada dua bentuk pondok pesantren diantaranya pondok pesantren dilihat dari segi bangunan sudah moderen namun sistem dan kebijakan pendidikannya masih menggunakan sistem tradisional dan yang kedua kita banyak kenal dengan pondok pesantren modern baik bangunan dan sistem pendidikannya sudah memanfaatkan perkembangan teknologi.

 

References

Nurcholish Madjid, Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan, (Jakarta: Paramadina, 1997).

Mansur, Moralitas Pesantren, (Yogyakarta: Safiria Insan Press, 2004).

H. Afandi Mochtar, Kitab Kuning Dan Tradisi Akademik Pesantren, (Jakarta: Pustaka Isfahan, 2010).

Amin Abdullah, Islamic Studies Diperguruan Tinggi Pendekatan Integratif Interkonektif. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010).

Mawardi Lubis, Evaluasi Pendidikan Nilai Perkembangan Moral Keagamaan Mahasisswa PTAIN, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, bekerjasama STAIN Bengkulu, 2009).

Djohan Efendi, Pesantren dan Kampung Peradaban (Sebuah Pengantar), dalam: Hasbi Indra, Pesantren dan Transformasi Sosial: Studi Atas Pemikiran K.H. Abdullah Syafi’ie dalam Bidang Pendidikan Islam, Hasan M. Nur (Ed), (Jakarta: PENAMADANI, t.t).

Komaruddin Hidayat, Dkk. Mereka Berbicara Pendidikan Islam, (Sebuah Bunga Rampai), (Jakaarta: Rajawali Press, 2009).

Sai’d Aqiel Dkk. dalam Abdurrahman Wahid. Prolog. Pesantren Masa Depan, Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren, (Bandung: Pustaka Hidayah, 1999).

Wan Mohd Nor Wan Daud. Filsafat dan Praktek Pendidikan Islam, Syed M. Naquib Al-Attas. (Bandung: Mizan, 2003).

Komaruddin Hidayat, Tuhan Begitu Dekat; Menangkap Makna-Makna Tersembunyi di Balik Perintah Beribadah, (Jakarta: Paramadina, 2002).

Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003).

Kemas Badaruddin, Filsafat Pendidikan Islam , Analisis Pemikiran Syed Muhammad Al-Naquib Al-Attas, (Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2009).

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Zakaria, Muh, and H. Muhammad Imanuddin. “Eksistensi Pondok Pesantren Dalam Mengembangkan Pendidikan Islam : (Analisis Manajemen Lembaga Pondok Pesantren Di Lombok)”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 7, no. 2 (July 31, 2022): 32–41. Accessed May 30, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/654.