English Program Community (EPC) Dalam Meningkatkan kelancaran berbahasa Inggris
Studi Kasus di Pondok Pesantren PPP. Walisongo Cukir Jombang
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i2.1788Keywords:
Komunitas Program Bahasa Inggris; Keterampilan berbahasa InggrisAbstract
Bahasa Inggris adalah pengetahuan yang harus dimiliki setiap muslim di era modern. Bahasa ini berfungsi sebagai cara untuk mengungkapkan kebenaran dan pengetahuan di abad ini, dan juga berfungsi sebagai cara untuk menyebarkan agama Islam di seluruh dunia. Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam tradisional yang memiliki sejarah panjang dalam sistem pendidikan Indonesia, Tujuannya adalah untuk mendidik dan membentuk karakter santri, dengan penekanan pada pengajaran agama Islam dan akhlak mulia. Pada pertengahan tahun 2014 EPC pertama kali didirikan untuk peningkatan sumber daya manusia di Pondok Pesantren Walisongo khususnya mata pelajaran Bahasa Inggris. English Program Community (EPC) ditemukan beberapa permasalahan pada santri diantaranya kurangnya kekonsistenan dalam berbhasa inggris dan kurangnya motivasi untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri santri. Dalam mengembagkan potensi santri Pembina memiliki beberapa program diantaranya: school EPC tiga hari dalam seminggu, tiga kali hapalan vocabulary dalam seminggu, hafalan arti juz amma dalam Bahasa Inggris, dan ELC (English Local Competition) tiga bulan sekali. Dengan adanya kemampuan menghafal arti kosakata, pemahaman Bahasa Iggris akan menjadi lebih mudah.
References
Agustin, Yulia. 2011. “Kedudukan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Pengantar Dalam Dunia Pendidikan.” Deiksis 3 (04): 354–64.
Burhanuddin, Erwina, Abdul Gaffar Ruskhan, and R B Chrismanto. 1993. Penelitian Kosakata Bahasa Arab Dalam Bahasa Indonesia. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Erniyati, Yelni, and Santi Safitri. 2021. “MENGENALKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PENGADAAN LES BAHASA INGGRIS GRATIS BAGI SISWA SEKOLAH DASAR (SD) DI NAGARI TLUK AMPLU INDERAPURA.” RANGGUK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (1): 25–33.
Farikah, Farikah, Mursia Ekawati, and Rifki Hamdani. 2024. “Transformasi Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah.” PT Penamuda Media.
Fitria, Tira Nur. 2022. “Pengajaran Kosakata Dasar Bahasa Inggris (English Basic Vocabulary) Dengan Metode Drilling Untuk Anak-Anak Desa Kalangan Mulur Sukoharjo.” Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi 1 (2): 67–72.
Hakim, Moch Lukman. 2021. “Motivasi Menghafal Al-Qur’an Pada Mahasiswa IAIN Jember Di Rumah Tahfidz Darul Istiqomah.” Jurnal Ilmiah Pesantren 6 (2).
Holidazia, Rupina, and Rojab Siti Rodliyah. 2020. “Strategi Siswa Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris.” Jurnal Penelitian Pendidikan 20 (1): 111–20.
Kamaliasari, Sri, and Amrizal Amrizal. 2021. “Aktifitas Pembelajaran Bahasa Inggris Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bantan Dalam Meningkatkan Speaking Performance Santri.” Akademika: Jurnal Keagamaan Dan Pendidikan 17 (1): 14–30.
Khulaimata, Zalfa, and Budiman Imam. 2021. “Survey Hambatan Mahasiswa Dalam Berbicara Bahasa Asing.”
Kustanti, Dewi, and Yadi Prihmayadi. 2017. “Problematika Budaya Berbicara Bahasa Inggris.” Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam 14 (1): 161–74.
Sugiyono, S. 2022. “Metode Penelitian Kualitatif, Untuk Penelitian Yg Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruksi (MPK)–Toko Buku Bandung.”
Sunaryo, Sunaryo, Muhammad Suud, and Irni Septiani. 2017. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BAGI SISWA SMA NEGERI 11 PURWOREJO TAHUN 2017.” STIE Widya Wiwaha.
Susilo, Agus Agus, and Ratna Wulansari. 2020. “Sejarah Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam 20 (2): 83–96.
Wijaya, Jaka Imam Mahesa. 2020. How to Teach Arabic? Metode, Strategi, Evaluasi, Model, Dan Permainan Pengajaran Bahasa Arab. Guepedia.
Zulfitria, Zulfitria, Sodikin Sodikin, Aswir Aswir, Suharsiwi Suharsiwi, Nurrohmantul Amaliyah, Zainal Arif, and Mutiara Fauzi. 2023. “Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa Di Desa Bojong Kulur Bogor.” In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. Vol. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahayu Ningsih, Rofiatul Hosna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.