Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Burlian Karya Tere Liye
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i2.1792Keywords:
Pendidikan Karakter, Novel Burlian, Tere Liye.Abstract
- Pendidikan karakter merupakan proses menanamkan nilai-nilai pada seseorang sehingga berkembang menjadi karakter dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel “Burlian” karya Tere Liye. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (library reseach) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi dengan mencari dan mengumpulkan bahan-bahan pustaka yang relevan untuk menelaah isi tulisan terkait nili-nilai pendidikan karakter dalam novel “Burlian”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel “Burlian” karya Tere Liye terdapat nili-nilai karakter yang ditekankan mencakup religuistis yang di dalamnya ada ketulusan, toleransi dan hidup rukun, tidak memaksakan kehendak dan cinta tanah air, nasionalis, kemandirian, gotong royong, integritas yang terintegritasi dalam kurikulum, tetapi juga menyampaikan pelajaran yang mendalam kepada pembaca.
References
Anisa, Cahya Mutiara, Betty Yulia Wulansari, and Universitas Muhammadiyah Ponorogo. 2023. “Outing Class Untuk Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Eduwisata Ndalem Kerto” 1 (September): 762–71.
Arifand, Agus, Salsabila Enggar Fathikasari, Meytri Kurniasih, Novi Fitriyani Rahmadani, Aprilia Putri, Agus Andrian Setiawan, Aissya Shifa Oktania, and Adelia Eka Rachmadian. 2023. “Membangun Harmoni Dan Toleransi Melalui Moderasi Beragama.” Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini 4 (2): 164–77.
Dirgantoro, Ajar. 2016. “Peran Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Bangsa Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” 1–7.
Hosaini. 2016. “Studi Komparasi Konsep Pendidikan Karakter Menurut KH. Hasyim Asy’ari Dan Ki Hadjar Dewantara,” 1–23.
Karyanto, Budi Umum. 2017. “Pendidikan Karakter: Sebuah Visi Islam Rahmatan Lil Alamin” 2 (2): 191–207.
Khotimah Nurlaida, Desy. 2019. “Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5s Di Sekolah.” Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan 2 (1): 28–31.
M. Ilham Zidal Haq, and Rofiatul Hosna. 2024. “Konsep Pendidikan Perempuan Perspektif Kh. Hasyim Asy’Ari.” Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam 9:1–23. https://doi.org/10.51729/al.
marwah safira, Liliana. 2015. “ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL JANJI KARYA TERE LIYE,” 6.
Noviati, Wiwi, and Hasil Belajar. 2022. “Jurnal Kependidikan Jurnal Kependidikan.” Jurnal Kependidikan 7 (2): 19–27. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/1097-Article Text-3401-1-10-20230117.pdf.
Putri, Rizkiana, Murtono Murtono, and Himmatul Ulya. 2021. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Film Animasi Upin Dan Ipin.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7 (3): 1253–63. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1401.
Sari, Laili atika. 2022. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Si Anak Spesial Karya Tere Liye Dan Relevansinya Terhadap Society Era 5.0.”
Subawa, Putu, and Komang Trisna Mahartini. 2020. “Konsentris Paradigma Pendidikan Karakter Thomas Lickona Pada Sekolah” 1 (2).
Sudarisman, Suciati. 2010. “Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses,” 237–43.
Suryobroto, Agus Sumhendartin, and José Vicente García Jiménez. 2022. “Pendidikan Karakter Kemandirian Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Bermain Sepakbola Empat Gawang.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 18 (2): 155–69. https://doi.org/10.21831/jpji.v18i2.53076.
Tuhuteru, Laros, Deiisye Supit, Mulyadi, Ayi Abdurahman, and Mohammad Syahru Assabana. 2023. “Urgensi Penguatan Nilai Integritas Dalam Pendidikan Karakter Siswa.” Journal on Education 5 (3): 9768–75. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1795.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fina Fauziah, Rofiatul Hosna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.