Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik dalam Pembelajaran Qiroati Di SDS Pupuk Kujang
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v10i1.2255Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya disiplin dan motivasi belajar siswa dalam pelajaran Qiroati di SDS Pupuk Kujang. Siswa cenderung tidak fokus, melanggar peraturan kelas, serta kurang berkontribusi secara aktif dalam kegiatan belajar. Salah satu penyebab utamanya adalah metode pengajaran yang tidak bervariasi dan cenderung monoton. Untuk menangani permasalahan tersebut, penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Aktivitas ini dilakukan dalam dua siklus dengan melibatkan siswa sebagai objek penelitian. Selama proses penelitian, diterapkan teknik pembelajaran interaktif dan motivatif untuk menciptakan atmosfer belajar yang lebih menarik dan meningkatkan partisipasi aktif siswa. Teknik interaktif mencakup kegiatan seperti diskusi kelompok dan permainan edukasi, sedangkan teknik motivatif memberikan semangat positif melalui penghargaan dan pujian. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya kemajuan yang signifikan, baik dalam disiplin siswa yang mulai datang tepat waktu dan mengikuti pelajaran dengan lebih tertib, maupun dalam semangat mereka yang terlihat dari keaktifan dalam menjawab pertanyaan, membaca Qiroati secara sukarela, dan menikmati pembelajaran. Suasana kelas juga menjadi lebih baik dan dinamis. Oleh karena itu, penerapan metode pembelajaran yang menyenangkan dan mendorong keterlibatan emosional siswa terbukti berhasil meningkatkan efektivitas pembelajaran Qiroati secara keseluruhan.
Kata kunci: Qiroati; disiplin belajar; antusiasme siswa; metode interaktif; metode
motivatif
References
DAFTAR PUSTAKA
Ali, R., Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Siswa SDIT Bunayya Medan, E., Pendidikan Sosial Humaniora, J., Kunci, K., Metode Qiroati, E., & Membaca Alquran, K. (2017). EFEKTIFITAS METODE QIROATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN SISWA SDIT BUNAYYA MEDAN (Vol. 2, Issue 1).
Kamal, M. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter dan Moral Anak di Masa Pandemi. Journal of Islamic Education, 9(1), 43-63.
Hidayah, S., & Zumrotun, E. (2023). Penggunaan Metode Qiro’ati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran Di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 353-364.
Anwar, M. (2017). Penerapan metode Qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 123–134.
Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru. Ijar, 1(2), 2022-12.
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathoni, M. (2020). Efektivitas metode Qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 117–129.
Fitriani, A. (2020). Peningkatan keterlibatan siswa melalui pendekatan bermain di kelas rendah SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 34–45.
Hamalik, O. (2010). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamid, A. (2020). Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an dengan metode Qiroati. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 45–56.
Hakim, F. R. (2021). Implementasi model pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa. Online Thesis, 15(1), 45–60.
Hidayah, S., & Zumrotun, E. (2023). Penggunaan Metode Qiro’ati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran Di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 353-364.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner. Victoria: Deakin University Press.
Komalasari, K. (2014). Pembelajaran kontekstual: Konsep dan aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Lestari, I., & Muhaimin, M. (2021). Model pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 115–124.
Santrock, J. W. (2012). Educational psychology. New York: McGraw-Hill.
Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, L. P. (2019). Pembelajaran interaktif dalam meningkatkan partisipasi siswa di kelas. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(2), 123–130.
Sugiyanto. (2019). Strategi pembelajaran yang meningkatkan motivasi belajar. Yogyakarta: Ombak.
Suryaningsih, R. (2019). Pembelajaran interaktif: Meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan, 7(1), 89–98.
Ulfa, R. A. (2018). Implementasi metode Qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).
Uno, H. B. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wulandari, F. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar membaca Al-Qur'an melalui metode bermain peran pada siswa kelas IV MI (Skripsi, IAIN Tulungagung).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nanda Nur Alisa, Zahro Nur Annisa, Salsabila Amarunnisa; Shabrina Putri Hamada

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.