Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online Masa Pandemik Covid-19

Authors

  • Andini Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Unik Hanifah Salsabila Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Fita Triyana
  • Khalidah Fitri Arum Sari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Mardaty Rauv Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v6i1.356

Keywords:

Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran, Pandemik Covid-19

Abstract

Pemanfaatan teknologi pembelajaran penting dilakukan ditengah pandemik Covid-19 seperti sekarang ini, terutama juga dalam dunia pendidikan dan salah satunya adalah pendidikan  agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk membantu proses pendidikan yang mana pada saat ini dunia pendidikan sedang mendapat dampak yang cukup signifikan dengan adanya pandemik Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu kajian kepustakaan, dengan mengambil sumber – sumber literature dari beberapa jurnal maupun buku-buku bacaan. Pandemik Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini membawa dampak  yang cukup besar didalam dunia pendidikan, siswa maupun mahasiswa dituntut untuk belajar secara mandiri dirumah, yang mana pemanfaatan teknologi pembelajaran sangatlah penting untuk guru/dosen, dan juga siswa/mahasiswa. Seluruh komponen pendidikan dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi sebaik mungkin, guru/dosen dituntut untuk lebih kreatif dalam memberikan pengajarannya kepada siswa/mahasiswa, dan memanfaatkan platform yang mudah di akses seluruh siswa/mahasiswa seperti platform whatsapp, telegram, instagram, youtube, zoom meeting, google meet, google classromm, maupun e-learning. Itu semua merupakan media teknologi yang dapat di manfaatkan oleh guru/dosen, dan juga oleh siswa/mahasiswa dalam menunjang pembelajaran khususnya pembelajaran pendidikan agama Islam dimasa pandemik Covid-19 ini.

References

“Buku Inovasi Teknologi Pembelajaran Di Sekolah (1).Pdf,” n.d.

Daulay, Rachmadonna Shinta, Hidayah Pulungan, and Adelia Noviana. “Manfaat Teknologi Smartphone Di Kalangan Pelajar Sebagai Akses Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona-19.” JURNAL PENDIDIKAN ISLAM 1 (2020): 15.

Effendi, Darwin. “PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MENUJU PEMBELAJARAN ABAD 2,” 2019, 5.

Warsita, Bambang. “PERKEMBANGAN DEFINISI DAN KAWASAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN SERTA PERANNYA DALAM PEMECAHAN MASALAH PEMBELAJARAN” 1 (2013): 23.

Hamdani. Manfaat Teknologi Informasi di Tengah Pandemi Covid-19. https://santerdaily.com/peristiwa/manfaat-teknologi-informasi-di-tengah-pandemi-covid-19/ (diakses pada 6 November 2020).

Downloads

Published

2021-01-25

How to Cite

Andini, Unik Hanifah Salsabila, Fita Triyana, Khalidah Fitri Arum Sari, and Mardaty Rauv. “Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online Masa Pandemik Covid-19”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 6, no. 1 (January 25, 2021): 12-18. Accessed May 11, 2021. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/356.