Efektivitas Media Teknologi Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v7i1.503Keywords:
Media Teknologi; Pemahaman Peserta Didik;Abstract
Abstract
This article was created to find out how the effectiveness of educational technology is applied to improve students' understanding and to find out how to use educational technology in Islamic religious education. The method used is using a qualitative method in which in writing this journal we conduct interviews with resource persons to collect data as material for journal articles. From this article, it can be concluded that in the learning process, educational technology is needed in order to achieve educational goals, namely developing the potential of students. In Islamic religious education, it is also recommended to use educational technology so that science in its development can be based on the Qur'an and Sunnah.
Keywords : Educational Technology, Effectiveness, Utilization
Abstrak
Artikel ini dibuat untuk mengetahui bagaimana keefektifan teknologi pendidikan yang diterapkan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dan mengetahui bagaimana pemanfaatan teknologi pendidikan dalam pendidikan agama islam. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif yang mana dalam penulisan jurnal ini kami melakukan wawancara kepada narasumber guna menggumpulkan data sebagai bahan artikel jurnal. Dari artikel ini dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan teknologi pendidikan agar dapat tencapai tujuan pendidikan yaitu mengembangkan potensi peserta didik. Dalam pendidikan agama islam juga menganjurkan untuk menggunakan teknologi pendidikan agar ilmu pengetahuan dalam perkembangannya dapat berlandaskan pada Al-Qur'an dan As-sunah
References
Aji Nugroho, Muhammad. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 6(1)
Andri, Rogantina Meri. 2017. Peran dan Fungsi Teknologi Pendidikan dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains 3 (1)
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurna lPedagogy :Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7 (4), 281-288
Budiman Haris. 2017. PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN. Al Tadzkiyah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol.8, No.1.
Devi Herliandry, Luh. Dkk. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22 (1), 65-70.
Hasibuan Nasrudin. 2015. PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DENGAN IMPLIKASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN. Jurnal Fitrah. Vol. 01, No. 2. Hlm 190.
Ivor K. Davis. 1976. Teknologi Pendidikan “contoh yang sempurna Paradigma dan model. London
Lestari, Sudarsri. 2018. Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2(2)
Lubis,Rahmat, Rifai,dkk. Pembelajaran Al-Qur’an Era Covid-19 :Tinjauan Metode dan Tujuannya pada Masyarakat di Kutacane Aceh Tenggara. Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, vol. 04 No. 02. Tahun2020, hal. 513-525.
Nuryana, Zalik. 2019. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam. TAMADDUN: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan 19 (1)
Ratna, Dewi, Nur’aini. 2020. Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. INERSIA. Vol. XVI. No. 1. Hal. 93
R Effendi, Abdurrahman.Puspita, Gina. 2007. Membangun Sains dan Teknologi Menurut Kehendak Tuhan. Jakarta: Giliran Timur
Sardar, Ziauddin. 1989. Tantangan Dunia Islam Abad 21 Terj. AE Priyono dan Ilyas Hasan. Bandung: Mizan
Surani Dewi. 2019. STUDI LITERATUR: PERAN TEKNOLOG PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN 4.0. Jurnal Untirta. Vol. 2, No.1. Hlm 462.
Tatang Hidayat, Syafe'i Makhmud. 2018. PERAN GURU DALAM MEWUJUDKAN TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Jurnal Ilmu Islam. Vol. 2, No. 1. hlm 102.
Wahyudin, Nur, Nasution. 2017. Strategi Pembelajaran. Perdana Publishing. Hal. 3
Yani Ahmad. 2004. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Geografi. Teknologi Informasi 1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Latsa Alya Utami, Yusril Muhamad Anjar , Hesti, Unik Hanifah Salsabila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.