Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Pokok Bahasan Thaharah Dengan Metode Pembelajaran EPA (Eksplorasi, Pengenalan, Dan Aplikasi Konsep) Siswa MTs Al-Mukhtary
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v6i2.472Keywords:
Prestasi Belajar, Metode, EPAAbstract
Prestasi merupakan salah satu tujuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di lembaga pendididkan. Tingginya prestasi menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran di lembaga pendidikan berjalan dengan baik, yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan mutu pendidikan. Namun pada kenyataannya banyak lembaga pendidikan yang gagal dalam mewujudkan prestasi belajar karena pada praktik proses pembelajaran masih mengandalkan metode mengajar konvensional.
Salah satu metode alternatif dalam mewujudkan prestasi belajar peserta didik pada lembaga pendidikan adalah metode EPA (Eksplorasi Pengenalan, dan Aplikasi Konsep) merupakan metode yang memperhatikan kemampuan awal siswa untuk memperoleh kemampuan baru dalam pelaksanaannya melewati tiga tahap yaitu tahap eksplorasi, tahap pengenalan, dan aplikasi konsep.
References
Ahmadi, Abu dkk. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Ali, Muhammad. 2008. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Alglasindo.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung : PT Rineka cipta.
_________dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Atiaturrahmaniah dkk. 2014. penelitian tindakan kelas, selong: pada NW.
Depag RI. 2005. Kurikulum Madrasah Tsanawiyah (Standar Kompetensi). Jakarta : Depag RI
Departemen Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahannya, (Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an, 1984),
Derahat zakiah dkk. 2004 metodik khusus pengajaran agama islam. Jakarta: PT bumi aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Fathurrahman, Pupuh dkk. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT. Refika Aditama.
Iskandar, peneltian tindakan kelas,(Jambi: Gaung Persada, 2009)
Karim, A. Syafi’i Fiqih Ushul Fiqih. (CV Pustaka Setia : Bandung. 1997). (Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005), Edisi Baru,
Kusuma, Amir Daen Indra. 1979. Pengantar Pendidikan. Malang : Usaha Nasional.
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: UM Press.
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : PT. Dian Rakyat.
Purwanto. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
_____________2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana.
Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindio.
Sugihartono dkk, Psikologi Pendidikan. 2007. Yogyakarta : UNY Press.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Belajar. Jakarta : Logos Wacana Ilmu.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Uhbiyati Nur, Ilmu Pendidikan Islam (Bandung: CV Pustaka Setia, 1999),
Yatim, Riyanto. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : Sic.
http://kesumayess.blogspot.com/2010/01/24-metode-epa-eksplorasi-pengenalan-dan.html. Diakses Senin, 10 Agustus 2018.
http://Aldianggrafisikakesehatan.Blogspot.Com./2011/08/InovasiPendidikan.Html Diakses Senin 10 Agustus 2018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Masjuddin Masjuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.