Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning Pada Mata Pelajaran Fiqih

Authors

  • TGH Hudatullah MZ IAI Hamzanwadi NW Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v7i1.614

Keywords:

Metode Cooperative Learning dan Motivasi Belajar

Abstract

Metode pembelajaran merupakan suatu proses yang sistematis dan teratur yang dilakukan oleh pendidik dalam penyampaian materi kepada muridnya. Dengan adanya cara ini maka diharapkan proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu, pendidik harus bisa mempelajari metode pembelajaran

Dalam proses belajar mengajar berlangsung, metode yang dominan digunakan guru adalah metode ceramah dan penugasan sehingga peroses pembelajaran terkesan membosankan terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan suatu pendekatan pembelajaran dengan melakukan tindakan yang melibatkan seluruh siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Adapun pendekatan yang dimaksud adalah pendekatan kooperatif.

Pembelajaran Kooperatif adalah konsep yang lebih luas meliputi semua jenis kerja kelompok termasuk bentuk yang lebih dipimpin  oleh guru atau diarahkan oleh guru. Secara umum pembelajaran kooperatif dianggap lebih diarahkan oleh guru, dimana guru menetapkan tugas dan pertanyaan-pertanyaan serta menyediakan bahan-bahan dan informasi yang dirancang untuk membantu peserta didik menyelesaikan masalah yang dimaksud.guru biasanya menetapkan bentuk ujian tertentu pada akhir tugas.

Metode pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan atau tim kecil, yaitu antara empat sampai enam orang yang mempunyai latar belakang kemampuan akademik, jenis kelamin, ras, atau suku yang berbeda (heterogen). Sedangkan definisi pembelajaran kooperatif adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam kelompo-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan

 

References

Abdul Majid, Strategi Pembelajaran. (Bandung: PT. Rosdakarya, Cet. 3, 2014)

Djamarah dan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2006)

Fathurrahman dan Sobri, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung : PT. Rafika Aditama, 2009)

Fauzan, Penelitian Tindakan Kela,. (Pancor : Fakultas Tarbiyah, 2012)

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, Cet II, 2001)

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, (Jakarta: PT Rajagrafindo, Cet 7, 2011)

Miftahul huda, Cooperative Learning, (Yogyakarta: Pustaka belajar, cet, II, 2012)

Muhmmad asrori ,Penelitian tindakan kelas, (Bandung : CV Wacana Frima : 2008)

Mulyono, Strategi Pembelajaran Menuju Efektifitas Pembelajaran di Abad Global, (Malang, UIN Maliki Press, cet II, 2012,)

Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 1998)

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, Cet II, 2007)

Oemar Hamalik.Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

MZ, TGH Hudatullah. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning Pada Mata Pelajaran Fiqih”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 7, no. 1 (July 31, 2022): 14–25. Accessed May 30, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/614.