Efektivitas Solution Focused Brief Cybercounseling Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa

self-confidence, Solution Focus Brief CyberCounselling

Penulis

  • Muhammad Fatizaki Akmal UAD

DOI:

https://doi.org/10.37216/taujih.v2i2.1383

Kata Kunci:

Kepercayaan Diri, Solution Focus Brief Cybercounselling

Abstrak

Penelitian ini berjudul Efektivitas Solution Focused Brief Cybercounseling untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kepercayaan diri siswa sebelum diberi perlakuan dengan setelah diberi perlakuan pada saat post-test menggunakan teknik solution focused brief cybercounseling. penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kepercayaan diri karena adanya faktor dari teman sebaya, orang tua, kemampuan diri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 200 orang siswa kelas VII,VIII,IX di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta, Sampel yang digunakan adalah 4 orang dari jumlah populasi 90 siswa. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan skala, skala Kepercayaan diri dengan reabilitas (0,854). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Mann Whitney U Test . Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara kelas kontrol dan kelas Eksperimen dapat dilihat dari F= 0,121 dengan signifikasi > 0.05.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-20

Cara Mengutip

Akmal, M. F. (2024). Efektivitas Solution Focused Brief Cybercounseling Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa : self-confidence, Solution Focus Brief CyberCounselling. At-Taujih: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 139–149. https://doi.org/10.37216/taujih.v2i2.1383