Strategi Komunikasi Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Lombok Timur Dalam Meningkatkan Pengunjung
Keywords:
Strategi Komunikasi, Dinas Kearsipan dan PerpustakaanAbstract
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan media sosial dan teknologi yang saat ini sangat berpengaruh, terutama di kalangan generasi muda. Selain itu, kegiatan-kegiatan yang menarik seperti seminar, workshop, atau lomba dapat dirancang untuk mempromosikan perpustakaan dan membuatnya lebih relevan dengan kebutuhan masyarakat. Jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan pada kondisi alamiah, sumber data primer, sekunder, dan tehnik pengumpulan data lebih banyak pada observasi serta wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui strategi komunikasi yang diterapkan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lombok Timur dalam meningkatkan pengunjung. Adapun subjek penelitian yang diambil terdiri dari kepala dinas perpustakaan, staff perpustakaan, dan pengunjung perpustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dalam skripsi ini bahwa, dinas kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lombok Timur telah berhasil menjalankan beberapa strategi komunikasi untuk menarik lebih banyak pengunjung.
References
Abidin, Achmad Anwar , Manajemen Pembiayaan Pendidikan Tinggi dalam Upaya Peningkatan Mutu, Jurnal Penjaminan Mutu, Vol. 3, No. 2 (2019)
Afifudin dan Saebani, Beni Ahmad, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung, Pustaka Setia , cet II, 2012)
Andriawati, Maria Regina, Jaringan Komunikasi Perantau Etnis Jawa Asal Banyuwangi di Kota Makassar, Jurnal Komunikasi KAREBA, Vol. 5 No.1 (2016)
Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancagan Penelitian, (Jogjakarta:Ar-RuzzMedia,2016)
Cangara, Hafied, Perencanaan Dan Strategi Komunikasi (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013)
Fannah, Siti, Strategi Pengelolaan Lembaga pendidikan Islam di Era Revolusiindustri 4.0, Tesis, Magister Manajemen Pendidikan Islam fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruanuin Syarif Hidayatullah Jakarta (2023)
Fitriat, Winda Nu , Strategi Humas dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pada Badan Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo, Jurnal Administrasi Perkantoran. Vol. 06, No. 02, (2018)
Fitriyani, Eka, Pengaruh Fasilitas Perpustakaan, Kualitas Pelayanan, dan Kinerja Pustakawan Terhadap Minat Berkunjung Masyarakat, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Vol. 7, No. 2 (2018)
Hayati, Farida Nur , Strategi Komunikasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Karanganyar dalam Meningkatkan Pengunjung, Skripsi SI Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Surakarta (2020)
Hermawan, A. Heris, Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan minat Baca PesertaDidik, JurnalIslamicEducationManajemen,Vol.5,No.1,(2020)
Karim H, Muh. Fachri, Strategi Komunikasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat, Tesis Program Pasca sarjana Universitas Hasanuddin Makassar (2022)
Kusmayadi, Dedi, Pengaruh Lingkungan Bisnis Terhadap Kinerja, Jurnal Akuntansi FE Unsil, Vol. 3, No. 2, 2018
Kotler,Philip,MarketingManagement,(Jakarta:Pren Hallindo,1997
Maulida, Habiba Nur, Peran Perpustakaan Daerah dalam Pengembangan Minat Baca di Masyarakat, Jurnal Iqra’ , Vol. 09 No.02 (2015)
Maisya, Aprilla, dkk, Strategi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota tanjung Balai dalam Meningkatkan Minat Kunjung Pemustaka, Jurnal Azrusin Vol. 4,
No. 3, (2024)
Nasir, Moh., Metode Penelitian, ( Bogor: Ghaila Indonesia,Cet. 10, 2014) Nugrah,Qudrat,ManajemenStrategis,JurnalPendidikan,Vol.2,No.4, (2021)
Palayukan, Novianty, Faktor-Faktor Penyebab dan Dampak Rendahnya Minat Baca Buku Taruna Politeknik Ilmu pelayaran Makassar, Jurnal Venus, Vol. 08No. 2, (2020)
Putri,HanisyahdanAhmad,Aprizal,ManajemenPerpustakaandalamMeningkatkan Minat Baca Siswa, Jurnal Pendidikan, Vol.3, No. 2 (2020)
Putri, Syaharani Ashiilah, Implementasi Peran Program Sulap Edukatif Upaya Meningkatkan Gemar Membaca Pada Pemustaka Anak di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, D3 Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung (2023)
Raja Maruli Sitorus, Raja Maruli, Pengaruh Komunikasi Antarpribadi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja, (Surabaya, Scopindo Media Pustaka 2020)
Ramadhani, Rizky Wulan,Strategi Komunikasi Pembangunan PemerintahKabupaten Bojonegoro dalam Menerapkan Nawacita dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Jurnal Komunikasi Pembangunan, Vol. 18, No. 02, (2020)
Sari,Khusnul Laila, Analisis Pelaksanaan Promosi Perpustakaan Universitas Sayang, Skripsi Si Universitas Brawijaya (2017)
Saleh,Abdul Rahman, Pengertian Perpustakaan dan Dasar-dasar Manajemen Perpustakaan, (Pustaka 229, Modul I)
Soedrajat, Setyo, Manajemen Pemasaran Jasa Bank, (Jakarta: Ikral Mandiri Abadi, 1994)
Sri Wahyudi, Agustinus, Manajemen Strategi, (Jakarta: Binarupa Aksara,1996)
Sujarweni,V.Wiratna Metode Penelitian (Yogyakarta:Pustaka baru pres,Cet, 1,2014)
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif dan R dan D, (Bandung:AlfabetaBandung, 2017)
Tjiptono, Fandi, Strategi Pemasaran, Cet.Ke-II (Yogyakarta: 2000)
Tiara Dewi, Sintia dkk, Strategi Komunikasi Pemasaran Bittersweet By NajlaDalam Menarik Minat Konsumen, Jurnal Ilmiah Muqoddimah, Vol. 6, No. 2,(2022)
Triyano, Agus, Metode Penelitian Komonikasi Kualitatif, (Yogyakarta Bintang PustakaMadani, Cet, 1, juni 2021)
Usholicchah,Nurnida,dkk,PerpustakaanSebagaiPusatSumberDayaBelajar, Jurnal Hukum, Administrasi, dan Ilmu Sosial,Vol. 4 No.4, (2024),
Wijaya,IdaSuryani,PerencanaandanStrategiKomunikasidalamKegiatanPembangunan, Jurnal Lentera, Vol. 8, No. 1, (2015)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul Izah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Al-Ittisholi: Jurnal Komunikasi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.