Komunikasi Persuasif Antara Guru Dan Murid Dalam Membangun Akhlakul Karimah
Keywords:
Komunikasi Persuasif, Akhlakul Karimah, Guru dan MuridAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi peran komunikasi persuasif antara guru dan murid dalam membangun akhlakul karimah di SMP Islam Gubuq Edukasi. Ditemukan beberapa guru yang mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi secara efektif, dan seringkali menggunakan istilah yang sulit untuk dipahami oleh siswa, sehingga menimbulkan kesalahpahaman. Untuk mencapai komunikasi yang efektif, diperlukan adanya pengertian, pengaruh pada sikap, kesenangan, hubungan yang baik, dan tindakan positif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, melibatkan wawancara mendalam, diskusi kelompok, dan observasi perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Pola komunikasi persuasif yang efektif melibatkan dialog terbuka dan empati, yang membantu menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan latar belakang budaya, pendidikan, dan nilai-nilai antara guru dan murid menjadi tantangan utama dalam komunikasi. Namun, teknik seperti diskusi kelompok dan permainan peran membantu siswa memahami nilai-nilai moral secara langsung, meningkatkan keterlibatan dan motivasi mereka dalam pembelajaran. Penelitian ini menegaskan bahwa komunikasi persuasif berperan penting dalam membentuk karakter akhlakul karimah siswa.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974- 980.
Afna Fitria Sari, Etika Komunikasi (Menanamkan Pemahaman Etika Komunikasi Kepada Mahasisa), Volume 1 Nomor 2, 2020
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290-298.
Anisah, N., Padillah, S. P., Barus, P., Sepriandito, R., Rusdi, M., Hasibuan, R. B., & Kustiawan, W. (2022). Psikologi komunikasi. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 1705-1715.
Annisa, A. (2023). Pembinaan Akhlak Melalui Pendekatan Komunikasi Persuasif Pada Panti Asuhan Kasih Ibu Way Halim Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Anshori, I. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63-74.
Argyris, C. (1994). Good communication that blocks learning. Harvard business review, 72(4), 77-85.
Arifah Suryanimgsih, Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Secara Online Pada Pelajaran Animasi 2D , Jurnal Karya Ilmiah Guru Melalui Strategi Komunikasi Persuasif. Vol. 5, No.1
Asri, D. (2019). Peran Komunikasi Persuasif Guru dalam Membina Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar Negeri Lambaro Neujid (Studi Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 4(4).
Ayurindah, S., & Riduan, M. (2022). Peran Tata Usaha Sekolah Dalam Pengelolaan Arsip Sekolah. Manhaji: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 34-40.
Daud, H. M., Yussuf, A., & Kadir, F. A. A. (2020). Pembentukan Akhlak Dan Sahsiah Pelajar Melalui Pembelajaran Sosial Menurut Perspektif Islam. E- BangI Journal, 17(9).
Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Tangerang.
Dini, J. P. A. U. (2022). Model Komunikasi Persuasif pada Pembelajaran Materi Praktek Shalat Fardhu pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7223-7231.
HAGI, H. J. (2023). Revitalisasi Pendidikan Karakter melalui strategi komunikasi persuasif pasca pembelajaran daring: Revitalisasi Pendidikan Karakter melalui strategi komunikasi persuasif pasca pembelajaran daring. Komsospol, 3(1), 1-12.
Hapita, H. (2022). Komunikasi Persuasif Guru Pada Pembinaan Akhlak Siswa Lokal Jauh Di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri Rawas Ulu Sumatera Selatan (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Harianto, Y. A. (2022). Mendefinisikan Ulang Komunikasi Persuasif.
Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An-Nuur, 13(2).
Husen, H. (2017). Metode Ta’dib dan Komunikasi Islami Menurut Perspektif Al- Qur’an dan Hadist dalam Pembangunan Karakter Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).
Husin, A. (2022). Komunikasi Persuasif (Dakwah Quraish Shihab Dalam Channel Youtube Najwa Shihab). Mukammil: Jurnal Kajian Keislaman, 1, 39-55.
Ichsan, I., & Ali, A. (2020). Metode Pengumpulan Data Penelitian Musik Berdasarkan Observasi Auditori. Musikolastik: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik , 2 (2), 85-93.
Isnaeni, Y., & Ningsih, T. (2021). Pembentukan Karakter Peduli Sosial Melaui Pembelajaran IPS. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3).
Jaya, S. (2021). Strategi membangun komunikasi yang efektif untuk meningkatkan kinerja guru di sekolah. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(2).
Juliyanto, F., & Parjito, P. (2021). Rekayasa Aplikasi Manajemen E-Filling Dokumen Surat Pada Pt Alp (Atosim Lampung Pelayaran). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 43-49.
Kaharuddin, K. (2021). Kualitatif: ciri dan karakter sebagai metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1-8.
Khairunnisa, K. (2021). Kualitas Layanan Bidang Penempatan Kerja dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat pada Dinas Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 57-62.
Komala, K. (2015). Mengenal dan mengembangkan kemandirian anak usia dini melalui pola asuh orang tua dan guru. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 31-45.
Komara, E. (2021). Komunikasi Persuasif Dakwah Dr. Zakir Naik. Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi), 2(1), 27-41.
Kurniawan, M. A. (2021). Kehidupan Guru dan Murid dengan Beberapa Aspek dan Karakteristiknya pada Periode Klasik (571-750 M). Jurnal Ilmiah AZZIQRI: Kajian Keislaman dan Kependidikan, 1(5), 45-53.
Kustiawan, W., Khaira, A., Nisa, A., Nurhalija, M., & Ramadhan, R. (2022). Komunikasi Asertif dan Empatik dalam Psikologi Komunikasi. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(2), 2483-2496.
Kusumawati, T. I. (2019). Komunikasi verbal dan nonverbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(2).
Kusumawati, T. I. (2019). Komunikasi verbal dan nonverbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(2).
Maliki, D. N., & Susanti, S. (2019). Komunikasi Persuasif Dalam Kampanye Anti- Kekerasan Seksual Oleh Komunitas Lentera Sintas Indonesia. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, 7(1).
Masriadi, M., Hasan, K., Andyna, C., & Bahri, R. (2021). Strategi Komunikasi Persuasif Petugas Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang Dalam Memberikan Informasi Pembatalan Ibadah Haji 2020-2021 Pada Calon Jamaah Haji. Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam, 8(2), 99-107.
Mirawati, I. (2021). Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada Penelitian E- Commerce Di Era Digital. Medium, 9(1), 58-80.
Mirawati, I. (2021). Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada Penelitian E- Commerce Di Era Digital. Medium, 9(1), 58-80.
Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8-12.
Muslim, M. (2018). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, Dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 1(10).
Nashihin, N., & Zaini, A. A. (2023). Strategi Pembinaan Akhlakul Karimah di Sekolah. Ummul Qura Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 18(1), 49-66.
Ngalimun, M. M. (2018). Komunikasi Interpersonal Ngalimun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurliana, N. (2021). Komunikasi Persuasif Dinas Lingkungan Hidup Dalam Menciptakan Masyarakat Sadar Lingkungan Di Aceh Tengah. An- Nadwah, 26(1), 22-30.
Nurzannah, S. (2022). Peran guru dalam pembelajaran. ALACRITY: Journal of Education, 26-34.
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi evaluasi pembelajaran di kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111-121.
Putri, S., & Amelia, A. (2022). Strategi Komunikasi Persuasif. KOMUNIKASIA: Journal of Islamic Communication and Broadcasting, 2(2), 138-153.
Putri, S., & Amelia, A. (2022). Strategi Komunikasi Persuasif. KOMUNIKASIA: Journal of Islamic Communication and Broadcasting, 2(2), 138-153.
Rahayu, R. G. (2024). Strategi Komunikasi Persuasif Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa:(Studi Kasus SD Islam Sinar Cendekia BSD). MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(3), 249-258.
Rahmadi, D. (2017). Penanaman Karakter Sopan Santun Oleh Guru Pkn di SMA Negeri 1 Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zakaria Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Al-Ittisholi: Jurnal Komunikasi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.