STRATEGI KOMUNIKASI KADERISASI HIMMAH NW DALAM SUPREMASI IMAN DAN TAQWA

Authors

  • Burhanuddin IAI Hamzanwadi Pancor

Keywords:

Strategi Komunikasi Kaderisasi HIMMAH NW dalam Supremasi Iman dan Taqwa

Abstract

Organisasi merupakan wadah dalam proses kaderisasi dan pemantapan pribadi yang siap bereksplorasi dalam segala ranah gerak kehidupan. Mengingat kader yang tergabung dalam HIMMAH NW bersifat pluralistik (beranekaragam).dengan latar belakang kader tersebut maka HIMMAH NW mempunyai peranan yang sangat penting yaitu melalui sosialisasi kegiatan yang salah satunya adalah training formal yaitu WaPA I demi mewujudkan kader yang mujahid dan mukhlis.

Tujuan penelitian ini adalah (1).untuk mengetahui Model Komunikasi Kaderisasi HIMMAH NW dalam Supremasi Iman dan Taqwa Dalam rangka mencetak kader-kader yang Professional dan Moralis. Data – data yang diperoleh di lapangan melalui proses observasi dan interview. Tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui (1). Wawancara, (2). Pengamatan (3). Dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian model Komunikasi Organisasi Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan dalam Membentuk Kepribadian Kader adalah dengan mengadakan pendekatan yang dilakukan pengurus Himmah NW terhadap anggota biasa melalui komunikasi organisasi dengan pendekatan apa yang disebut Attention to Action Procedure atau penyederhanaan dari suatu proses yang disingkat AIDDA, yaitu melalui Peranan Perhatian (Attention), Peranan Minat (Interest), Peranan Hasrat (Desire), Peranan Keputusan (Decision) serta Peranan Kegiatan (Action). Oleh karena itu untuk menunjang peran tersebut maka diperlukan suatu indikator agar dapat menciptakan kepribadian anggota biasa yang positif, diantaranya cenderung kepada kebenaran, progresif, intelektual profesional dan moralis. Dari adanya penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan yang dilakukan oleh pengurus Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan melalui komunikasi organisasi yaitu peranan perhatian, minat, hasrat, keputusan serta peranan kegiatan dapat menciptakan intensitas kader khususnya pada anggota biasa lebih aktif dalam keterlibatan pada setiap kegiatan-kegiatan yang dilakukan, salah satunya adalah WaPA I. Apabila tujuan dari kegiatan tersebut tercapai maka akan menciptakan kepribadian anggota biasa yang positif terlebih pada aplikasi dari dinamika berpikir dan berprilaku secara keseluruhan merupakan watak azasi kader HIMMAH dan teraktualisasi secara riil melalui, watak dan kepribadiaan kader atau anggota biasa yang positif yaitu melalui sikap-sikap yang cenderung kepada kebenaran (hanif), progresif, intelektual,  profesional dan moralis.

References

Akbar, Muhammad Faisal. Strategi Kaderisasi Da’i Muhammadiyah di kota Banjar Masin, Skripsi Banjar Masin: Muhammadiyah, 2013

Allen. Gaya Komunikasi. Jakarta:PT. Gramedia, 2005

Azra Azyumardi. Islam Rahmatan Lil Alamin dan Wawasan Kebangsaan. Jakarta:PT. Pustaka Jaya, 2010

Birowo Antonius. Metode Penelitian Komunikasi. Yogyakarta:PT. Alfabeta, 2007

Deddy, Mulyana. Komunikasi Massa. Bandung:PT. Gramedia, 2008

Fathurrahman, Mukhtar. Penelitian Keislaman. Mataram:PT. Gramedia, 2005

Hadi Sutrisno. Bimbingan Menulis Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Andi, 2004

Ma’arif Bambang. Komunikasi Dakwah. Bandung:Simbiosa Rekatama Media, 2010

Marwah, Daud Ibrahim. Komunikasi. Bandung:PT. Rosdakarya, 2015

Mufidah. Konsep Iman dan Taqwa. Malang:PT. Bumi Aksara, 2004

Omar, Toha Yahya, Komunikasi Dakwah, Jakarta:Widyana. 2002

Pawita. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta:PT. Pelangi Aksara, 2010

Pinpus. Kaderisasi Himmah. Jakarta:PT. Gramedia, 2015

Syukir, Asmuni, Dasar Dasar Strategi Komunikasi, Surabaya:Al Ikhlas, 2003

Taufik, Abdullah. Perjuangan dan Pergulatan Maulana Syaikh. Mataram:PT. gramedia, 2017

Tubbs Stewart. Human Communication. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya, 2000

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Burhanuddin. (2024). STRATEGI KOMUNIKASI KADERISASI HIMMAH NW DALAM SUPREMASI IMAN DAN TAQWA. Al-Ittisholi: Jurnal Komunikasi Islam , 1(2), 82–101. Retrieved from http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/alittisholi/article/view/1468

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.