STRATEGI KOMUNIKASI KADERISASI HIMMAH NW DALAM SUPREMASI IMAN DAN TAQWA
Keywords:
Strategi Komunikasi Kaderisasi HIMMAH NW dalam Supremasi Iman dan TaqwaAbstract
Organisasi merupakan wadah dalam proses kaderisasi dan pemantapan pribadi yang siap bereksplorasi dalam segala ranah gerak kehidupan. Mengingat kader yang tergabung dalam HIMMAH NW bersifat pluralistik (beranekaragam).dengan latar belakang kader tersebut maka HIMMAH NW mempunyai peranan yang sangat penting yaitu melalui sosialisasi kegiatan yang salah satunya adalah training formal yaitu WaPA I demi mewujudkan kader yang mujahid dan mukhlis.
Tujuan penelitian ini adalah (1).untuk mengetahui Model Komunikasi Kaderisasi HIMMAH NW dalam Supremasi Iman dan Taqwa Dalam rangka mencetak kader-kader yang Professional dan Moralis. Data – data yang diperoleh di lapangan melalui proses observasi dan interview. Tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui (1). Wawancara, (2). Pengamatan (3). Dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian model Komunikasi Organisasi Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan dalam Membentuk Kepribadian Kader adalah dengan mengadakan pendekatan yang dilakukan pengurus Himmah NW terhadap anggota biasa melalui komunikasi organisasi dengan pendekatan apa yang disebut Attention to Action Procedure atau penyederhanaan dari suatu proses yang disingkat AIDDA, yaitu melalui Peranan Perhatian (Attention), Peranan Minat (Interest), Peranan Hasrat (Desire), Peranan Keputusan (Decision) serta Peranan Kegiatan (Action). Oleh karena itu untuk menunjang peran tersebut maka diperlukan suatu indikator agar dapat menciptakan kepribadian anggota biasa yang positif, diantaranya cenderung kepada kebenaran, progresif, intelektual profesional dan moralis. Dari adanya penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan yang dilakukan oleh pengurus Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan melalui komunikasi organisasi yaitu peranan perhatian, minat, hasrat, keputusan serta peranan kegiatan dapat menciptakan intensitas kader khususnya pada anggota biasa lebih aktif dalam keterlibatan pada setiap kegiatan-kegiatan yang dilakukan, salah satunya adalah WaPA I. Apabila tujuan dari kegiatan tersebut tercapai maka akan menciptakan kepribadian anggota biasa yang positif terlebih pada aplikasi dari dinamika berpikir dan berprilaku secara keseluruhan merupakan watak azasi kader HIMMAH dan teraktualisasi secara riil melalui, watak dan kepribadiaan kader atau anggota biasa yang positif yaitu melalui sikap-sikap yang cenderung kepada kebenaran (hanif), progresif, intelektual, profesional dan moralis.
References
Akbar, Muhammad Faisal. Strategi Kaderisasi Da’i Muhammadiyah di kota Banjar Masin, Skripsi Banjar Masin: Muhammadiyah, 2013
Allen. Gaya Komunikasi. Jakarta:PT. Gramedia, 2005
Azra Azyumardi. Islam Rahmatan Lil Alamin dan Wawasan Kebangsaan. Jakarta:PT. Pustaka Jaya, 2010
Birowo Antonius. Metode Penelitian Komunikasi. Yogyakarta:PT. Alfabeta, 2007
Deddy, Mulyana. Komunikasi Massa. Bandung:PT. Gramedia, 2008
Fathurrahman, Mukhtar. Penelitian Keislaman. Mataram:PT. Gramedia, 2005
Hadi Sutrisno. Bimbingan Menulis Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Andi, 2004
Ma’arif Bambang. Komunikasi Dakwah. Bandung:Simbiosa Rekatama Media, 2010
Marwah, Daud Ibrahim. Komunikasi. Bandung:PT. Rosdakarya, 2015
Mufidah. Konsep Iman dan Taqwa. Malang:PT. Bumi Aksara, 2004
Omar, Toha Yahya, Komunikasi Dakwah, Jakarta:Widyana. 2002
Pawita. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta:PT. Pelangi Aksara, 2010
Pinpus. Kaderisasi Himmah. Jakarta:PT. Gramedia, 2015
Syukir, Asmuni, Dasar Dasar Strategi Komunikasi, Surabaya:Al Ikhlas, 2003
Taufik, Abdullah. Perjuangan dan Pergulatan Maulana Syaikh. Mataram:PT. gramedia, 2017
Tubbs Stewart. Human Communication. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya, 2000
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Burhanuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Al-Ittisholi: Jurnal Komunikasi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.