Pengembangan Flashcard Dalam Pengenalan Telling Time Siswa Kelas II SD
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1037Abstract
Tujuan penelitian ini mengembangkan media flashcard berbantuan aplikasi canva untuk pembelajaran Matematika siswa kelas II SD bertujuan untuk menghasilkan flashcard dalam pembelajaran Matematika materi telling time kelas II SD yang valid dan praktis. Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu 1) Anaysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation dan 5) Evaluation. Berdasarkan hasil penelitian media flashcard dalam pengenalan telling time yang dikembangkan dalam penelitian ini masuk dalam kategori “Sangat Valid”. Kevalidan media flahscard ini dinilai oleh 2 ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Dari kedua validasi tersebut diperoleh nilai rata-rata sebesar 92,77% dengan kriteria “sangat valid” berdasarkan data angket. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh nilai kepraktisan sebesar 93,66% dengan kriteria “sangat praktis” dan berdasarkan uji coba kelompok besar diperoleh nilai kepraktisan sebesar 92,93% dengan kriteria “sangat praktis”. Jadi, dari hasil keseluruhan olah data angket yang diperoleh dari pengembangan media flashcard materi telling time pembelajaran matematika ini dinyatakan valid dan praktis.
Kata kunci: Flashcard, Pengembangan, Telling time