Author Guidelines

  Jurnal Bada'a adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Pancor yang sudah terbit sejak tahun 2011. Naskah akan diterbitkan dua kali setahun atau setiap enam bulan sekali (Juni dan desember). Jurnal ini terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. Naskah diketik dengan program Ms. Word, huruf Times New Roman, font size 12, menggunakan kertas A4 dengan batas atas dan kiri 4 cm, dan batas bawah dan kanan masing-masing 3 cm.

  Naskah dikirim online melalui OJS BADA’A: Jurnal Pendidikan Dasar melalui link http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/about

  Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Jarak antar baris 1,5 spasi. Tiap awal paragraf menjorok ke kanan sekitar 5 ketukan.

  4.      Sistematika artikel hasil penelitian: Judul, Identitas Penulis (Nama, Instansi, dan Email), Abstrak disertai Kata Kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil Penelitian, Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Rujukan.

  Judul Artikel tidak lebih dari 16 kata, diketik dengan huruf kapital di tengah-tengah (center), dengan ukuran huruf 14 pt, dan ditulis tebal (bold).

  Identitas penulis ditempatkan di bawah judul artikel, tanpa gelar akademik, disertai nama lembaga asal, dan dicantumkan juga email penulis.

  Abstrak dan kata kunci. Abstrak berisi; tujuan, metode, dan hasil penelitian. Abstrak bahasa inggris dicetak miring. Ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Panjang masing-masing abstrak antara 150-200 kata dan kata kunci minimal 3 kata atau frasa, serta diketik dalam 1 spasi.

  Pendahuluan berisi latar belakang, tujuan penelitian, dan kajian pustaka. Semua bagian pada pendahuluan ini dipaparkan secara terintegrasi dan menggunakan aturan penomeran yang benar.

  Metode berisi rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Semua bagian ini dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf.

  Hasil dan pembahasan berisi paparan hasil penelitian disertai dengan pembahasan mengenai hasil penelitian tersebut. Semua bagian ini dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf.

  Kesimpulan berisi temuan penelitian dalam menjawab pertanyaan penelitian dan dibuat dalam bentuk paragraf.

  Penggunaan format in note dalam kutipan; dengan aturan (Nama belakang, tahun terbit: halaman), misal: (Moleong, 2010: 6)

  Daftar Pustaka memuat referensi yang dirujuk dalam artikel dan diurutkan berdasarkan  alfabet. Pustaka yang digunakan berupa pustaka 10 tahun terakhir. Penulisan daftar pustaka mengikuti aturan APA Style, seperti contoh berikut:

  Buku, satu penulis

McKibben, B. (1992). The age of missing information. New York: Random House.

 

Buku, banyak penulis

Larson, G. W., Ellis, D. C.,& Rivers, P. C. (1984). Essentials of chemical dependency counseling. New York: Columbia University Press.

 

Buku kumpulan artikel

Cobb, P. & Gravemeijer, K. (2006). Design Research from a Learning Design Perspective. Dalam Akker, Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (Eds.), Educational Design Research (hal 17-51). New York: Routledge.

 

Artikel dalam Jurnal

Nahdi, K. (2009). Pola Pelibatan Wanita dalam Kelompok Masyarakat Program Inpres Desa Tertinggal (POKMAS IDT) di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal EducatiO, IV (1): 1-15.

 

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian

Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Disertasi tidak dipublikasikan, Enschede, University of Twente.

 

Internet

OECD. (2010). PISA Results: What Makes a School Successful? Diakses pada 26 Maret 2012, dari http://www.oecd.org/dataoecd/11/16/48852721.pdf.

 

Prosiding

Williams, J., & Seary,K. (2010). Bridging the dividen: Scaffolding the learning experiences of the mature age student. Dalam J. Terrel (Ed), Making the links: learning, teaching and high quality student outcomes. Prosiding the 9th Conference of the New Zealand Association of Bridging Educators (hal. 104-116). Wellington, New Zealand.

 

Prosiding Online

Cannan, J. (2008). Using practice based learning at a dual-sector tertiary institution: A discussion of current practice. Dalam R. K. Coll, & K. Hoskyn (Eds), Working together: Putting the cooperative into cooperative Education. Conference Proceeding of the New Zealand Association for Cooperative Education, New Plymouth, New Zealand. Diambil dari http://www.nzace.ac.nz/conferences/papers/Proceedings_2008.pdf.

  Pengutipan, tabel, dan gambar mengikuti aturan APA Style.

  Menggunakan Reference Manager dalam mengelola referensi dan pengutipan seperti Mendeley, EndNote, dan lain-lain.

  Artikel ditulis mengikuti Template BADA’A: Jurnal Penelitian Dasar

  Menghindari duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.

  Segala sesuatu yang terkait dengan perizinan pengutipan atau yang lainnya yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis, termasuk konsekuensi hukum yang mungkin muncul karenya, adalah menjadi tanggung jawab penuh penulis