Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Media Kardo Pkn Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.1038Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkat motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan Media KarDO PKn. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V (lima) MI NW 2 Kelayu dengan jumlah peserta didik 22 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode pengumpulan data meliputi lembar observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil validasi, uji coba lapangan, hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan KarDo PKn sebagai media pembelajaran. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa dari 22 siswa yang mengikuti tes setelah menggunakan media KarDo PKn, siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 16 orang sedangkan 6 orang mendapat nilai kurang dari KKM. Berdasarkan hasil pembelajaran dengan menggunakan Media KarDo PKn proses yang dikembangkan dalam ujicoba lapangan dapat dijelaskan bahwa siswa yang telah mencapa nilai ≥ 65 atau memenuhi standar nilai ketuntasan minimal adalah sebanyak 16 siswa dari 22 siswa. Dengan demikian persentase ketuntasan belajar siswa adalah 16 : 22 × 100% = 72%. Sehingga dengan demikian, ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan media yang dikembangkan termasuk kategori “Baik”.Hasil angket respon siswa terhadap model pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan hasil yang cukup baik karena rata-rata siswa memberikan pernyataan senang dengan model pembelajaran yang dikembangkan. Sedangkan dari hasil observasi yang telah dilakukan dalam aktivitas pembelajaran diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa dalam proses belajar siswa menunjukkan keaktifan dalam belajarnya. Hal ini dibuktikan dari analisis 22 siswa 14 siswa aktif dalam belajarnya dan 8 diantaranya cukup aktif dalam belajar. Dengan total skor rata-rata 63,63 termasuk dalam kategori “Aktif”.