Pengaruh Media Diorama Siklus Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas V

Authors

  • Nabila Amalia UPGRI PALEMBANG
  • Lukman Hakim
  • Noviati

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1046

Keywords:

Kata kunci: Media Diorama Siklus Air, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media diorama siklus air terhadap hasil belajar siswa SD kelas V. Metode yang dipakai dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif dengan tipe ekperimen. Design yang dipakai ialah True-Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Poupulasi dalam penelitian berjumlah 82 siswa sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 55 yaitu kelas VB sebagai kelas ekperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil analisa data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan Uji Independent Sampel T-Test. Analisa data tes hasil belajar siswa diperoleh thitung = 6,282 sedangkan ttabel = 2,005. Disimpulkan jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima dan dinyatakan bahwa ada pengaruh penggunaan media diorama siklus air memberikan pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa SD kelas V.

Downloads

Published

2024-06-02

How to Cite

Amalia, N., Hakim, L., & Noviati. (2024). Pengaruh Media Diorama Siklus Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas V. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 60–72. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1046