Penguatan Psikososial Peserta Didik Pasca Pandemi Covid 19 Melalui Metode Pembelajaran Fun Learning Di Sekolah Dasar

Authors

  • Arsyad Ar Institut Teknologi dan Bisnis Visi Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1156

Keywords:

Kata kunci: Sekolah Dasar;  psikososial; pandemi covid 19; metode; fun learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana metode fun learning dapat memberikan penguatan terhadap psikososial peserta didik Sekolah Dasar pasca covid 19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Labuhan Batu Utara dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode fun learning dapat memberikan penguatan psikososial peserta didik, dengan hasil bahwa ada perubahan perilaku dan emosi peserta didik  ke arah yang lebih baik dan stabil dengan indikator; (1) peserta didik sudah aktif melakukan kegiatan rutinitas di sekolah, seperti bermain, bercanda; (2) peserta didik mulai dapat berkonsentrasi mengikuti pembelajaran dengan bertanya pada guru; (4) peserta didik sudah mulai berinteriaksi dengan temannya melalui bernyanyi bersama, menari, dan berpuisi dihadapan teman-temannya dan; (5) peserta didik sudah mampu mengambil keputusan pada kegiatan yang dilakukan di sekolah. Penggunaan metode fun learning mampu menciptakan proses pembelajaran yang lebih aktif, kreatif, dan efektif, serta menyenangkan yang dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar yang tinggi  pada peserta didik terutama pasca pandemi covid 19, sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan penguatan psikososialnya.   

 

Downloads

Published

2024-06-02

How to Cite

Ar, A. (2024). Penguatan Psikososial Peserta Didik Pasca Pandemi Covid 19 Melalui Metode Pembelajaran Fun Learning Di Sekolah Dasar . BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 42–52. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1156