Analisis Program Madrasah Unggul Anak Hebat (MaUlAna) Dalam Meningkatkan Literasi Dasar Inklusif di MI/SD Kecamatan Selong

Authors

  • Marudin IAI Hamzawadi Pancor
  • Syahratul Mubarokah IAI Hamzanwadi Pancor
  • Muhammad Ihsan IAI Hamzawadi Pancor
  • M. Ramdani IAI HAmzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1191

Keywords:

perencanaan; penerapan; evaluasi; Program Literasi (MaUlAna)

Abstract

Penelitian Analisis Program Madrasah Unggul Anak Hebat (MaUlAna) Dalam Meningkatkan Literasi Dasar Inklusif SD/MI Kecamatan Selong di MI Hamzanwadi No.1, MI 2 Pancor, MI  4 Pancor. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Program Literasi (MaUlAna) di madrasah dilaksanakan.

Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian di analisis menggunakan metode analisis data kualitatif Miles & Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, data collection dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian adalah pelaksanaan Program Literasi (MaUlAna) di sekolah berjalan lancar dan membuat siswa semangat belajar, pelaksanaan Program Literasi (MaUlAna) dapat dilaksanakan kapan saja. Dengan dilaksanakannya Program Literasi (MaUlAna) memudahkan guru dalam mengetahui siswa mana yang belum bisa membaca dengan menggunakan metode yang dijelaskan oleh tim literasi (MaUlAna).

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Marudin, Syahratul Mubarokah, Muhammad Ihsan, & M. Ramdani. (2024). Analisis Program Madrasah Unggul Anak Hebat (MaUlAna) Dalam Meningkatkan Literasi Dasar Inklusif di MI/SD Kecamatan Selong . BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 433–445. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1191