Analisis Program Madrasah Unggul Anak Hebat (MaUlAna) Dalam Meningkatkan Literasi Dasar Inklusif di MI/SD Kecamatan Selong
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1191Keywords:
perencanaan; penerapan; evaluasi; Program Literasi (MaUlAna)Abstract
Penelitian Analisis Program Madrasah Unggul Anak Hebat (MaUlAna) Dalam Meningkatkan Literasi Dasar Inklusif SD/MI Kecamatan Selong di MI Hamzanwadi No.1, MI 2 Pancor, MI 4 Pancor. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Program Literasi (MaUlAna) di madrasah dilaksanakan.
Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian di analisis menggunakan metode analisis data kualitatif Miles & Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, data collection dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian adalah pelaksanaan Program Literasi (MaUlAna) di sekolah berjalan lancar dan membuat siswa semangat belajar, pelaksanaan Program Literasi (MaUlAna) dapat dilaksanakan kapan saja. Dengan dilaksanakannya Program Literasi (MaUlAna) memudahkan guru dalam mengetahui siswa mana yang belum bisa membaca dengan menggunakan metode yang dijelaskan oleh tim literasi (MaUlAna).