Peran Guru Dalam Melatih Berpikir Kreatif Terhadap Pembelajaran Matematika Kelas III SD Negeri 95 Palembang

Authors

  • Dwi Pitria Ningsih Universitas PGRI Palembang
  • Magdad Hatim Universitas PGRI Palembang
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1294

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru dalam melatih berpikir kreatif terhadap  pembelajaran matematika kelas III SD Negeri 95 Palembang. Penelitan ini meliputi observasi, wawancara, dan angket. Subjeknya adalah adalah guru kelas III, kepala sekolah, ahli, dan siswa kelas III SD Negeri 95 Palembang. Sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat kebutuhan untuk peningkatan peran guru dalam melatih berpikir kreatif terhadap pembelajaran matematika. Guru melibatkan penggunaan metode pembelajaran yang merangsang pemikiran kreatif. hal ini menekankan peran guru sebagai pengajar, inovator, motivator, fasilitator, dan evaluator dalam konteks pembelajaran matematika.

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru dalam melatih berpikir kreatif terhadap  pembelajaran matematika kelas III SD Negeri 95 Palembang. Penelitan ini meliputi observasi, wawancara, dan angket. Subjeknya adalah adalah guru kelas III, kepala sekolah, ahli, dan siswa kelas III SD Negeri 95 Palembang. Sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat kebutuhan untuk peningkatan peran guru dalam melatih berpikir kreatif terhadap pembelajaran matematika. Guru melibatkan penggunaan metode pembelajaran yang merangsang pemikiran kreatif. hal ini menekankan peran guru sebagai pengajar, inovator, motivator, fasilitator, dan evaluator dalam konteks pembelajaran matematika.

Kata Kunci: Inovator; Motivator; Fasilitator; Evaluator.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Dwi Pitria Ningsih, Magdad Hatim, & Nyiayu Fahriza Fuadiah. (2024). Peran Guru Dalam Melatih Berpikir Kreatif Terhadap Pembelajaran Matematika Kelas III SD Negeri 95 Palembang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 282–289. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1294