Pengaruh Model Treffinger Berbantuan Diorama Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Indonesia

Authors

  • rajab andika rajab

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1321

Keywords:

Treffinger; Diorama; Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh model Treffinger berbantuan diorama terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 43 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu quasi experimental design yang menggunakan posttest only group design dengan populasi yaitu seluruh kelas V SD Negeri 43 Palembang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan kelas V.A sebagai kelas eksperimen dan kelas V.B sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan berupa soal essay yang memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis siswa dengan jumlah 5 butir soal. Soal tersebut sudah memenuhi syarat uji validasi dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji t independent sample t-test. Rata –rata  kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 43 Palembang yang diperoleh dari hasil posttest yaitu 83,61 untuk kelas eksperimen dan 73,06 untuk kelas kontrol. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh model Treffinger berbantuan diorama terhadap kemampuan berpikir kritis siswa V SD Negeri 43 Palembang.

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

rajab andika. (2024). Pengaruh Model Treffinger Berbantuan Diorama Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis: Indonesia. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 13–23. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1321