Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Alat Peraga Koyampin Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Adipati Sidurejo

Authors

  • Isna Maulida universitas ngudi waluyo
  • Anni Malihatul Hawa universitas Ungudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1373

Keywords:

example non example, alat peraga, alat peraga koyampin, minat belajar siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran example non example dengan bantuan alat peraga koyampin terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan sampel adalah teknik purposive sampling. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I MI Adipati Sindurejo, kemudian sampelnya adalah kelas IA yang berjumlah 26 siswa dan kelas IB yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji independen sampel t dan uji regresi linier sederhana. Penelitian ini menunjukkan hasil: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar siswa dengan model pembelajaran example non example berbantuan alat peraga koyampin. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig hitung sebesar 0,019 < 0,05 yang menunjukkan penolakan hipotesis nol (H0) dan penerimaan hipotesis alternatif (Ha). (2) Penggunaan model pembelajaran example non example berbantuan alat peraga koyampin memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,005 dan nilai thitung sebesar 6,933 > ttabel 2,069. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran example non example dengan bantuan alat peran koyampin mempunyai perbedaan dan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan minat belajar siswa.

Kata Kunci: example non example, alat peraga, alat peraga koyampin, minat belajar siswa.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Maulida, I., & Anni Malihatul Hawa. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Alat Peraga Koyampin Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Adipati Sidurejo. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 269–281. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1373