Analisis Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Nursifa Fauziah Universitas Negeri Jakarta
  • Hasbiya Miftahul Jannah Universitas Negeri Jakarta
  • Leonardo Elifas Universitas Negeri Jakarta
  • Nurrohmah Safitri Universitas Negeri Jakarta
  • Indra Jaya Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1413

Keywords:

Keterlibatan, Orang Tua, Pendidikan, Anak Berkebutuhan Khusus, ABK

Abstract

Orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus harus terlibat dalam proses pendidikan anak mereka secara inklusif. Orang tua memiliki peran sebagai pembimbing utama anak-anak mereka yang mana partisipasi orang tua dapat membantu anak-anak belajar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini berjenis studi literatur yang didapat melalui kajian literatur dari buku, jurnal, maupun artikel ilmiah. Hasil dari penelitian ini adalah keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak menunjukkan betapa pentingnya dorongan dan perkembangan anak dalam pendidikan. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan.

Downloads

Published

2024-06-02

How to Cite

Fauziah, N., Jannah, H. M., Elifas, L., Safitri, N., & Jaya, I. (2024). Analisis Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 73–82. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1413