Penerapan Metode Prestasi Untuk Menigkatkan Keaktifan Mahasiswa PGSD UM Purworejo
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1457Keywords:
Metode Presentasi, Keaktifan MahasiswaAbstract
Pada penelitian ini terdapat beberapa permasalahan yaitu: 1) Mahasiswa gagal menanggapi komentar setelah guru membagikan materi; 2) Mahasiswa tidak aktif bertanya kepada guru setelah materi dibagikan; dan 3) Mahasiswa tidak langsung menerima umpan balik dari guru saat perkuliahan menanggapi pertanyaan. 4) mahasiswa tidak mampu segera memberikan solusi terhadap permasalahan yang disampaikan instruktur/dosen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keaktifan mahsiswa dengan menerapkan metode presentasi. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus dengan langkah: perencanaan, implementasi, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 27 mahasiswa dilakukan dengan observasi keaktigan saat perkuliahan. Hasil pada pra siklus: jumlah mahasiswa yang bertanya 7.40%, mahasiswa yang menjawab 18,5%, mahasiswa yang berpendapat 7,4%, dan mahasiswa yang pasif 59,2%. Siklus 1: mahasiswa yang bertanya 29,6%, mahasiswa yang menjawab 25,9%, mahasiswa yang berpendapat 18,8%, dan mahasiswa yang masih pasif 25.9%. siklus 2: mahasiswa yang bertanya 44,4%, mahasiswa yang menjawab 37%, mahasiswa yang berpendapat 18,5%, mahasiswa yang pasif 0%. Sehingga dari pra siklus sampai siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan.