Penerapan Metode Prestasi Untuk Menigkatkan Keaktifan Mahasiswa PGSD UM Purworejo

Authors

  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1457

Keywords:

Metode Presentasi, Keaktifan Mahasiswa

Abstract

Pada penelitian ini terdapat beberapa permasalahan yaitu: 1) Mahasiswa gagal menanggapi komentar setelah guru membagikan materi; 2) Mahasiswa tidak aktif bertanya kepada guru setelah materi dibagikan; dan 3) Mahasiswa tidak langsung menerima umpan balik dari guru saat perkuliahan menanggapi pertanyaan. 4) mahasiswa tidak mampu segera memberikan solusi terhadap permasalahan yang disampaikan instruktur/dosen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keaktifan mahsiswa dengan menerapkan metode presentasi. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus dengan langkah: perencanaan, implementasi, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 27 mahasiswa dilakukan dengan observasi keaktigan saat perkuliahan. Hasil pada pra siklus: jumlah mahasiswa yang bertanya 7.40%, mahasiswa yang menjawab 18,5%, mahasiswa yang berpendapat 7,4%, dan mahasiswa yang pasif 59,2%. Siklus 1: mahasiswa yang bertanya 29,6%, mahasiswa yang menjawab 25,9%, mahasiswa yang berpendapat 18,8%, dan mahasiswa yang masih pasif 25.9%. siklus 2: mahasiswa yang bertanya 44,4%, mahasiswa yang menjawab 37%, mahasiswa yang berpendapat 18,5%, mahasiswa yang pasif 0%. Sehingga dari pra siklus sampai siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan.

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Titi Anjarini. (2024). Penerapan Metode Prestasi Untuk Menigkatkan Keaktifan Mahasiswa PGSD UM Purworejo. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 32–41. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1457