Penerapan Model Brain Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Data Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Baiq Halmatuzzuhrotulaini1 Institut Agama Islam Hamzahwadi Pancor
  • Adi Apriadi Adiansha STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1505

Keywords:

Brain Based Learning, Literasi Data, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Brain Based Learning dalam meningkatkan literasi data pada siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Suralaga. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus, dengan setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan 20 siswa di sekolah tersebut. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam nilai dan literasi data siswa. Persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal meningkat dari 40% pada pra-siklus menjadi 60% pada siklus pertama dan 90% pada siklus kedua. Hal ini menunjukkan bahwa model Brain Based Learning efektif dalam meningkatkan literasi data dan kemampuan analisis data pada anak-anak. Observasi juga menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih terlibat dan termotivasi selama proses pembelajaran. Refleksi dan umpan balik dari guru dan siswa menunjukkan respons positif terhadap penerapan metode ini. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar model Brain Based Learning diintegrasikan lebih lanjut dalam kurikulum Sekolah Dasar Negeri 1 Suralaga untuk meningkatkan pemahaman konsep literasi data serta memperkaya keterampilan analisis siswa secara efektif.

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Halmatuzzuhrotulaini1, B. ., & Adiansha, A. A. (2024). Penerapan Model Brain Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Data Pada Siswa Sekolah Dasar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 418–432. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1505