Manajemen Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru

Authors

  • Salni Universitas Galuh
  • Lilis Kholisoh Universitas Galuh
  • Kusnandi Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1515

Keywords:

Manajemen Strategik, Kompetensi Profesional Guru, Profesionalisme Guru

Abstract

Kompetensi merupakan perilaku rasional guna mencapai tujuan yang dipersyaratkan sesuai dengan kondisi yang diharapkan. Peningkataan kompetensi guru merupakan kebijakan strategis dalam rangka membenahi persoalan guru secara mendasar. Pengembangan kapasistas guru ini disusun dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang menjadi salah satu pilar pembangunan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan manajemen strategi dalam upaya peningkatan kompetensi profesional guru. Melalui pendekatan kualitatif, dan tunjang teknis studi kasus hingga penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: proses manajemen strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi profesional guru menggunakan siklus PDCA (Plan, Do Check, Action) yaitu (1) Tahap perencanaan (Plan) adalah tahap untuk menetapkan target atau sasaran yang ingin dicapai sebelum menentukan metode yang akan digunakan untuk mencapai target tersebut; (2) Pada Pelaksanaan (Do) ini mulai menjalankan hal-hal yang telah direncanakan; (3) Fase Check dalam siklus PDCA adalah tahap di mana pemeriksaan dilakukan; (4) Dalam tahap ini, seluruh aspek proses telah diperbaiki berdasarkan evaluasi dari fase Do dan Check yang mengidentifikasi masalah dalam implementasi rencana.

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Salni, Kholisoh, L., & Kusnandi. (2024). Manajemen Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 115–125. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1515