Penerapan Administrasi Kelas Dalam Meningkatkan Keberhasilan Belajar Siswa Di Kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon

Authors

  • Vina Fauziah Iain Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1517

Keywords:

Administrasi Kelas, Keberhasilan Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya keberhasilan belajar di sekolah, kurangnya administrasi yang efektif. Faktor administrasi seperti absen yang tidak tercatat dengan baik, kehadiran siswa yang tidak terpantau, dan jadwal pelajaran yang terlalu padat dapat berdampak negatif pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui keberhasilan belajar siswa kelas 3 MI Al Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon, 2) mengetahui penerapan administrasi kelas dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa di kelas 3 MI Al Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon, 3) mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung penerapan administrasi kelas dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa di kelas 3 MI Al Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitan menunjukkan bahwa keberhasilan belajar memperole kategori baik. Hasil observasi dan wawancara penerapan administrasi kelas 3 cukup memenuhi dan lengkap. Selain itu, hasil wawancara faktor pengahambat dalam penerapan administrasi kelas dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa yaitu kehadiran siswa dan faktor pendukungnya adalah kerjasama orangtua siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Administrasi Kelas dapat Meningkatkan Keberhasilan Belajar Siswa Kelas 3 MI Al Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon.

Downloads

Published

2024-12-08

How to Cite

Fauziah, V. (2024). Penerapan Administrasi Kelas Dalam Meningkatkan Keberhasilan Belajar Siswa Di Kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 525–536. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1517