Studi Literatur: Pendekatan Fenomenologi Dalam Penelitian Pendidikan

Authors

  • Nesya Amanda Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rintan Wanti Anisah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sheren Virgia Savira Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sigit Setiawan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ujang Jamaludin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1542

Abstract

Pendekatan fenomenologi dalam penelitian pendidikan menawarkan pemahaman mendalam terhadap pengalaman subjektif individu dalam konteks pendidikan. Artikel ini menjelaskan pentingnya pendekatan ini dalam mengungkap makna-makna yang terkandung dalam interaksi dan kejadian di lingkungan pendidikan, melalui studi literatur yang mengkaji berbagai artikel penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi yang memberikan ruang bagi peneliti untuk mengeksplorasi dinamika holistik dalam pendidikan, memperluas wawasan tentang pendidikan inklusif dan efektif. Hasil kajian mereka mengungkap sejumlah artikel yang mengimplementasikan pendekatan fenomenologi dalam konteks pendidikan. Artikel-artikel tersebut membahas beragam aspek, mulai dari kebijakan pendidikan, pengaruh pendidikan karakter dan nilai-nilai, hingga peran teknologi dalam proses belajar mengajar. Artikel-artikel ini memberikan pemahaman mendalam tentang berbagai fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan, baik dari perspektif guru maupun siswa. Selain itu, penelitian ini juga membahas konsep dasar fenomenologi, menguraikan pemahaman awal tentang fenomena dan kesadaran subjektif dalam pengalaman manusia. Mereka menyoroti pentingnya pendekatan fenomenologi dalam memahami realitas subjektif individu, yang dapat membantu merumuskan praktik pendidikan yang lebih inklusif dan efektif.

Published

2025-01-16

How to Cite

Amanda, N., Anisah, R. W., Savira, S. V., Setiawan, S., & Jamaludin, U. (2025). Studi Literatur: Pendekatan Fenomenologi Dalam Penelitian Pendidikan. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 747–762. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1542