Pengembangan Media Gaul (Game Edukasi Wordwall) Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 161 Palembang

Authors

  • Listriyana Meiriska Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1550

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan Research and Development (RnD) untuk mendapatkan atau menghasilkan suatu media dan menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan ADDIE yang memiliki lima (5) tahap yaitu analysis, Design, Development, implementation, dan evaluation. Berdasarkan hasil validasi yang diberikan penilaian oleh validator ahli maka persentase yang diperoleh dari nilai rata-rata kevalidan media mendapatkan skor 88% dengan kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan media GAUL (Game Edukasi Wordwall) dilakukan dengan uji coba one to one dengan mengikutsertakan 3 orang peserta didik dengan memberikan angket respon peserta didik dan memperoleh tanggapan positif dari peserta didik dan memperoleh skor 93,9% coba small group sebanyak 12 orang peserta didik dengan memperoleh keseluruhan persentase sebesar 89,5% dengan kategori sangat praktis. Untuk melihat kemampuan peserta didik dalam memahami pembelajaran IPAS pada Bab 7 Topik A (Aku dan Kebutuhanku) Pada tahap uji coba kelompok besar subjek uji coba ialah seluruh peserta didik kelas IV A sebanyak 34 peserta didik, dalam pengembangan media GAUL (Game Edukasi Wordwall) ini juga dinyatakan memiliki keefektifan dalam proses pembelajaran menghasilkan nilai dengan rata-rata 88% dengan kategori sangat efektif.

Kata kunci: Permainan Edukasi, Wordwall, IPAS.

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Listriyana Meiriska. (2024). Pengembangan Media Gaul (Game Edukasi Wordwall) Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 161 Palembang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 404–417. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1550